Sabtu, 13 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tingkatkan Kualitas Dosen, UIN SMH Banten Lakukan Pembinaan

Raden Warna

| 13 April 2023

| 22:17 WIB

Kegiatan pembinaan dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (Foto/UIN SMH Banten)

SERANG, EKBISBABTEN.COM – Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten menggelar kegiatan Pembinaan Pegawai di Gedung Rektorat Kampus II, di Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani, Curug, Kota Serang, pada Rabu, (12/4/2023).

Pembinaan tersebut menghadirkan narasumber Prof. Abd. Mujib sebagai Tim Ahli di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemendagri Agama (Kemenag RI).

Warek I UIN SMH Banten, Mufti Ali, dalam kesempatan tersebut mengatakan, pembinaan pegawai ini bagian dari sosialisasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.

PermenPANRB Nomor 1 Tahun 2023 mendorong para pejabat fungsional, termasuk dosen, untuk bekerja secara terorganisasi dan kolaboratif dalam melaksanakan tugasnya, sehingga tahapan pengakuan angka kredit perlu dilaksanakan agar para dosen dapat lebih produktif dalam pengajuan pangkat dan jabatan.

“Prinsipnya, bahwa ini membantu dosen supaya tidak dibebani dengan urusan administrasi, sehingga dosen fokus, kenaikannya pangkatnya secara otomatis terintegrasi,” katanya.

“Sebelumnya kan beban kerja dosen laporannya tiap semester harus diinput, untuk kenaikan pangkat dan golongan harus diinput, sehingga merepotkan,” tambahnya.

Aturan baru tersebut sebenarnya mulai berlaku mulai 1 Januari 2023 dimana perhitungan angka kredit sudah mengikuti sistem yang baru. Sebelum memasuki itu para dosen diminta untuk menginput pengakuan angka kredit untuk kinerja hingga 31 Desember 2022.

“Para dosen masih diberi kesempatan untuk mengisi pengajuan angka kredit sampai dengan 15 Mei mendatang, bagi dosen yang punya bukti penelitian pengajaran untuk promosi kenaikan jabatan dan golongan dia bisa diakui terakhir penilainya 30 Juni mendatang,” ujarnya.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top