Tingkatkan Inklusi Perpajakan, Kanwil DJP Banten, Untirta dan Unsera Teken MoU

15
Kepala Kanwil DJP Banten Dyonisius Lucas Hendrawan menunjukan berkas Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama dengan Untirta dan Unsera. (Foto: Istimewa)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten telah menjalin kesepakatan bersama dengan Univeritas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Universitas Serang Raya terkait pendirian Tax Center dan inklusi perpajakan di lingkungan kampus.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Ekbisbanten.com, pelakasnaan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama tersebut dilakukan Kepala Kanwil DJP Banten Dyonisius Lucas Hendrawan dengan Rektor Untirta Fatah Sulaiman dan Rektor Unsera M. Hamdan secara daring melalui Zoom dari ruang rapat Kanwil DJP Banten, Rabu (28/4).

Dalam sambutannya, Lucas menyampaikan kerjasama antar DJP dengan kedua kampus sangat penting dalam mencetak generasi-generasi emas sadar pajak.

“Adanya kerjasama ini merupakan stimulus bagi generasi muda Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang unggul dibidang perpajakan,” Ujar Lucas dalam keterangan tertulis.

Tax Center Untirta sudah berdiri sejak tahun 2012 dan kini kerjasamanya ditingkatkan untuk memberikan materi-materi perpajakan pada Mata Kuliah dasar Umum (MKDU) sebagai bagian dari program inklusi perpajakan.

“Dengan program ini, kepatuhan perpajakan generasi Indonesia masa mendatang akan lebih meningkat,” katanya.

Adapun Unsera merupakan kampus ke-18 yang melakukan kerjasama pendirian tax center. Tax Center merupakan pusat informasi, pendidikan dan pelatihan perpajakan yang memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memahami hak dan kewajiban
perpajakannya.

“Dengan keberadaan tax center, maka dapat dilakukan berbagai Kerjasama seperti
PKL/magang, seminar, program relawan pajak serta berbagai lomba perpajakan antar kampus,” katanya.

Berikutnya Kanwil DJP Banten akan memberikan asistensi pelaksanakan program inklusi perpajakan bagi kampus-kampus di Provinsi Banten yang akan dilaksanakan di awal Juni 2021. (*/ismet)