Selasa, 25 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Tim Kampus Mengajar 7 SMP BCK Cilegon Menyelenggarakan Festival Literasi Numerasi

Rizal Fauzi

| 18 Mei 2024

| 19:44 WIB

Tim Kampus Mengajar 7 berfoto bersama di depan gerbang SMP BCk Cilegon. (FOTO: RIZAL/EKBISBANTEN.COM)

CILEGON, TUNTASMEDIA.COM – DALAM rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Tim Kampus Mengajar 7 (KM 7) SMP Bina Cipta Karya (SMP BCK) Cilegon menyelenggarakan festival literasi dan numerasi FROLIANCE (Festival Rise of Literacy and Numeracy Creativity). Kegiatan yang diberi tema Satukan Energi, Tingkatkan Literasi dan Numerasi tersebut dilaksanakan Rabu 15 Mei 2024 di lapangan SMP BCK Cilegon, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Banten.

Beberapa lomba yang dilaksanakan selama FROLIANCE yakni (1) lomba membaca puisi; (2) lomba membuat poster, seperti poster manual dan digital; (3) rangking 1; (4) menampilkan gelar karya, seperti eco print, bunga samplas, dan art paper; dan (5) games seru, seperti matching numbers dan bola oper. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga dimeriahkan pertunjukan seni tari dari tim ekstrakurikuler tari SMP BCK.

Kepala Sekolah SMP Bina Cipta Karya Cilegon, Ruri Mustikaningrum mengatakan, FROLIANCE merupakan kegiatan festival literasi dan numerasi yang pertama kali dilaksanakan di sekolah.

“Saya berharap siswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan literasi dan numerasi serta dapat dijadikan sebagai wadah kemampuan siswa dalam mengembangkan ide kreativitasnya. Selain itu, kami mengucapkan terima kasih pada para sponsor yang telah mendukung kegiatan ini,” ungkap Ruri dalam sambutannya.

Dalam rangka memeriahkan festival, Tim Kampus Mengajar 7 SMP Bina Cipta Karya Cilegon memasang dua banner untuk festival FROLIANCE dari para sponsor dan mitra. Selain itu, terdapat tiga karya art paper dan dua bunga samplas yang dipajang di kegiatan tersebut. Hal itu membuat festival semakin tampak meriah.  

“Terima kasih atas antusiasme dan partisipasi dari siswa-siswa dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional,” ujarnya.

Secara terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan KM 7, Mohamad Jihan Shofa  menyampaikan bahwa Festival FROLIANCE ini merupakan upaya dari tim kampus mengajar di SMP BCK untuk belajar sambil berdampak bagi literasi dan numerasi sekolah dengan menggunakan konsep menarik dan seru. 

“Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu cara meningkatkan literasi dan numerasi yang efektif melalui permainan dan kegiatan yang menarik.” kata salah satu dosen Unsera tersebut.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top