Thai Lion Air Kembali Beroperasi Layani Enam Tujuan Domestik

61
Pesawat berada di lapangan penerbangan guna membawa penumpang ke tujuan domestik. (ekbisbanten.com)

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Setelah sempat melakukan pembatalan penerbangan sementara karena wabah virus korona (Covid-19), Thai Lion Air kembali beroperasi melayani penerbangan enam tujuan domestik di Thailand.

Chairman of the Board Thai Lion Air, Capt. Darsito Hendro Seputro mengatakan, pihak Thai Lion Air memberlakukan pengaturan jarak aman (phycial distancing) melalui antrian pada saat pengecekan suhu badan, area pemeriksaan keamanan (security check-point/SCP), maupun ketika antri pelaporan (check-in) di ruang tunggu, hinggan mulai masuk ke kabin pesawat.

“Dilakukannya antrian pada saat chack-in, area pemeriksaan keamanan, melakukan pengecekaan suhu badan, hingga mulai masuk kedalam kabin pesawat.” ujar Darsito.

Thai Lion Air melakukan pengaturan tempat duduk untuk penumpang dengan menerapkan mekanisme yang disesuikan pada pesawat Boeing 737-800 dan Boeing 737-900ER (tata letak kursi 3-3) guna menghindari penumpang melakukan kontak fisik ketika di dalam pesawat, pihak Thai Lion Air hanya menggunakan kursi bagian samping dekat jendela pesawat dan lorong, pihak Thai Lion Air mensiasati kursi tengah agar tidak dipergunakan oleh penumpang dengan melakukan penandaan X.

Sementara itu enam kota tujuan domestik yang mulai diterbangi, mulai hari ini diantaranya:

  1. Bangkok – Bandar Udara Internasional Don Mueang (DKM)
  2. Chiang Mai – Bandara Udara Internasional Chiang Mai, Thailand Utara (CNX)
  3. Surat Thani – Bandara Udara Internasional Surat Thani, Distrik Phunphin (URT)
  4. Ubon Ratcahani – Bandar Udara Ubon Ratcahani (UBP)
  5. Nakon Si Thammarat – Bandar Udara Nakon Si Thammarat (NST)
  6. Hat Yai – Bandar Udara Internasional Hat Yai (HYD)

Pelaksanaan penerbangan berpedoman kepada prinsip-prinsip dan standar operasional prosedur kesehatan dengan memastikan kesehatan kru yang bertugas maupun penumpang.

Oleh karena itu Thai Lion Air menghimbau dan meminta kepada seluruh kariawan, awak pesawat dan penumpang, agar memperhatikan dan mengikuti arahan seluruh protokol kesehatan termasuk menjaga jarak aman, mewajibkan menggunakan masker serta bagi kru pesawat diwajibkan menggunakan sarung tangan.

“Kami selalu menghimbau kepada seluruh karyawan, kru pesawat, maupun penumpang agar selalu mengikuti arahan protokol kesehatan, dan menjaga jarak aman. Serta wajib menggunakan masker bagi seluruh penumpang, serta wajib bagi kru pesawat menggunakan sarung tangan.” jelasnya

Untuk selanjutnya pihak Thai Lion Air juga tidak menyediakan penjualan makanan ringan maupun makanan berat, serta melarang para penumpang agar tidak membawa makanan sendiri untuk dikonsumsi selama penerbangan.

Selain menjalankan phycial distancing pihak Thai Lion Air juga melakukan pencegahan penyebaran virus korona melalui benda yang ada didalam pesawat dengan melakukan penyemprotan cairan multiguna atau disinfektan guna mebunuh kuman dan virus, sesuai dengan prosedur yang berlaku.


Ucapan terimakasih disampaikan pihak Thai Lion Air atas segala kerjasama dan dukungan dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara serta mitra terkait.

Selain itu Thai Lion Air juga memberikan apresiasi kepada para kru pesawat dan karyawan atas koordinasi dan semangat yang diberikan, sehingga penerbangan yang dilakukan berjalan lancar, dengan harapan akan berlangsung hingga masa yang akan datang. (*/Yohana)