Terisolir, Warga Cilowong Kota Serang Cari Sinyal Harus Jalan Kaki 1 KM

150
Foto ilustrasi: pekerja melakukan perawatan jaringan BTS. (ISTIMEWA)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kemajuan teknologi rupanya belum merata hingga pelosok daerah. Begitu yang dirasakan oleh warga Kampung Cilowong, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan, Kota Serang.

Untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi warga harus jalan kaki dengan jarak tempuh hingga 1 kilometer (KM).

Ilham Prasetyo (23), warga Kampung Cilowong, Kelurahan Cibendung mengatakan, kondisi pahit tersebut sudah sudah dirasakan belasan tahun. Padahal kata dia, usia Kota Serang sudah 13 tahun. Hampir semua sinyal operator seluler tidak ada yang dapat menjangkau Kampung Cilowong, Kelurahan Cibendung.

“Baik itu sinyal seluler biasa untuk telepon dan sms, maupun sinyal internet tidak kami rasakan disini,” Katanya kepada wartawan saat dijumpai di Kelurahan Cibendung, Jumat (7/8).

Ia menceritakan untuk dapat melakukan komunikasi melalui sambungan telepon warga Kelurahan Cibendung harus mendaki gunung menuju Desa Gunung Sari yang berada di Kabupaten Serang.

“Jaraknya lumayan, sekitar 500 meter sampai satu kilometer dari tempat tinggal kami,” ujarnya.

Akibatnya kata Ilham, warga sulit mengakses informasi lantaran sinyal telepon dan interntet tidak dapat diakses. Bahkan pelajar juga tidak dapat belajar secara daring atau online di tengah pandemi.

“Entah keperluan musibah atau kabar gembira seperti panggilan pekerjaan, kalau gak nyambung kan juga hangus,” Katanya.

Ia mengungkapkan kebutuhan internet di Kelurahan Cibendung sudah sangat mendesak. Apalagi pada saat ini ditengah pandemi virus corona dima para siswa di harus kan untuk mengikuti pelajaran melalui internet atau sekolah online sedangkan untuk mendapatkan sinyal amat sulit di wilayahnya.

“Apalagi ketika pandemi yang semuanya serba menggunakan internet. Kami disini merasa tidak diperhatikan soal itu,” Katanya.

Ia berharap Pemkot Serang memberikan perhatian kepada warga Kelurahan Cibendung untuk melakukan pembangunan tiang BTS agar warga Kelurahan Cibendung mendapatkan sinyal internet.

“Kami melihat iklan bahwa di Kota Serang sudah mendapatkan jaringan 4G bahkan 4.5G. Tapi di tempat kami, jangankan 4.5G, 3G saja sama sekali tidak bisa kami rasakan,” Katanya. (Red02)