Temui Gubernur Banten, PHRI Usul Vaksinasi Bagi Insan Pariwisata Dipercepat

75
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten Ahmad Sari Alam (kanan) saat menemui Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu (28/7) kemarin. (Foto: Istimewa)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten Ahmad Sari Alam menyebut sektor pariwisata menjadi yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

Untuk itu, PHRI mendorong adanya percepatan vaksinasi Covid-19 dan meminta pemerintah memberikan stimulus kepada pelaku pariwisata agar bisa tetap bertahan.

“Pariwisata ini jadi salah satu sektor yang terpukul karena pandemi ini. Dan pandemi ini tidak akan pulih bila tidak ditangani secara cepat oleh pemerintah pusat dan daerah. Untuk itu hemat saya perlu diprioritaskan vaksinasi secara cepat dan massif di Banten, khususnya insan pariwisata,” kata Ahmad Sari Alam usai melakukan Audiensi dengan Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu (28/7) kemarin.

Turut hadir dalam audiensi, Kepala Dinas Pariwisara Provinsi Banten M Agus Setiawan, Asisten Daerah (Asda) Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemprov Banten Muhammad Yusuf, Kepala Biro Hukum Provinsi Banten Agus Mintono, Ketua Harian PHRI provinsi Banten Ashok Kumar, dan jajaran pengurus BPD PHRI Provinsi Banten.

Sari Alam mengungkapkan, sejauh ini vaksinasi bagi insan pariwisata baru dilakukan pemerintah hanya di sebagian daerah.

“Karen kalau tanpa adanya kecepatan vaksinasi, saya rasa kita akan sulit untuk bisa pulih dalam waktu dekat. Untuk itu usulan kami kepada Gubernur Banten adanya percepatan vaksinasi di Provinsi Banten, khususnya bagi insan pariwisata,” katanya.

“Kemudian kami juga meminta penurunan bunga bank, listrik, pajak dan peningkatan program uji kompetensi untuk industri pariwisata diunggulkan, sehingga setelah covid-19 berlalu kondisi pelayanan hotel dan restoran akan prima. Sehingga realisasinya cepat pulih dan lebih cepat,” tambah Sari Alam.

Tak hanya itu, pihaknya berharap Gubernur Banten mengeluarkan kebijakan khusus agar upaya penyelamatan pariwisata di Banten segera pulih. Berbagai upaya penyelamatan sektor pariwisata ini menurutnya sangat penting karena juga menyangkut tenaga kerjanya.

“Makanya kami sudah mengadakan pertemuan dengan Gubenur Banten beserta staffnya dengan BPD PHRI Banten dalam rangka pembahasan Pariwisata Banten dalam mengenghadapi covid 19 dan solusi yamg terbaik guna keluarnya Instruksi Gubernur Banten,” pungkasnya. (ismet)