Telkomsel Prediksi Trafik Pengguna Internet Saat Nataru Naik 8,9 Persen

49
Layanan Telkomsel di Grapari Pandeglang. Foto/Raden/Ekbisbanten.com

TANGERANG SELATAN, EKBISBANTEN.COM – Telkomsel Area Jabotabek Banten memprediksi penggunaan trafik data internet selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 akan mengalami kenaikan 8,9 persen dibandingkan hari normal.

GM Network Service Assurance Telkomsel Outer Jabotabek Noviandri Japang mengatakan, kenaikan tersebut juga sejalan dengan pelonggaran kebijakan dari pemerintah untuk tidak memberlakukan PPKM level 3 pada saat nataru nanti.

“Meskipun warga tidak bisa keluar kota karena ada aturan ganjil genap nantinya, kami prediksi (antusiasme) masyarakat berlibur di lokal tetap terjadi, kami pastikan layanan bagi pelanggan yang ingin wisata maupun dirumah bisa nyaman,” kata Japang kepada media, Senin (20/12).

Japang melanjutkan, guna mengantisipasi gangguan sinyal yang terjadi akibat cuaca ekstrem maupun pemutusan aliran listrik. Telkomsel sudah menyiapkan 6 mobile genset guna memberikan kenyamanan pelanggan Telkomsel.

“Kami yakin capacity yang kqmi siapkan bisa mengamankan trafik di nataru, saat ini sudah kami upayakan satu mobile genset di kawasan wisata Anyer dan Carita” imbuhnya.

Lebih rinci lagi, Ketua Nataru Telkomsel Outer Area Jabotabek Iwan Siregar menjelaskan, kenaikan trafik terjadi pada layanan e-commerce seperti aplikasi shopee yang meningkat 250 persen.

“Ini terjadi karena pelanggan banyak yang belanja untuk kebutuhan saat momen Nataru nanti, selain itu trafik pengguna tik-tok, whatsapp, youtube dan facebook juga akan meningkat 5 sampai 14 persen” jelasnya.

Lanjut Iwan, guna meningkatkan kapasitas dan cakupan jaringan, Telkomsel sudah menyiapkan BTS total sebanyak 6.253 unit di area Banten.

“Ada sebanyak 914 BTS baru di tahun 2021 ini, serta sebanyak 1479 BTS yang sudah kami upgrade,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, untuk seluruh akses jalan tol area Banten saat ini sudah 99,47 persen tercover jaringan 4G. Ditambah lagi, ada sebanyak 11 lokasi pusat keramaian yang akan diperkuat kualitas jaringan internetnya.

“Jadi kami pastikan untuk seluruh akses jalan maupun tempat ibadah, bandara, tempat wisata dan mall sudah bisa tercover jaringan 4G,” tutup Iwan. **