Telkomsel Lakukan Perubahan Logo, Apa Sih Maknanya?

32
Dok. Instagram @telkomselbanten

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Selama lebih dari 26 tahun, Telkomsel senantiasa berdedikasi dalam menghadirkan konektivitas di seluruh penjuru Indonesia.

Namun, menjadi perusahaan telekomunikasi saja tidak lagi cukup dalam menghadirkan perubahan-perubahan transformatif yang lebih bermakna untuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Termasuk dalam perubahan logo Telkomsel, yang tetap mempertahankan warna merah sebagai makna semangat pembaruan tersebut juga didorong dengan penggunaan tagline #BukaSemuaPeluang.

General Manager Sales And Digitalization Management Area Jabota Khairil Irfan Partouman mengatakan Pembaruan brand identity telkomsel terdiri dari beberapa elemen, baik visual maupun audio.

“Yang pertama dibagian Logo dan font type. Terinspirasi dari warisan unik Indonesia yaitu motif batik, logo baru Telkomsel terinspirasi berbagai ukiran motif batik khas Indonesia, yang kemudian dirangkai menjadi sebuah font type khusus milik Telkomsel, yakni Telkomsel Batik Sans,” kata Khairil dalam agenda Pembaruan Produk dan Layanan Telkomsel melalui aplikasi Zoom, Jumat (9/7).

Lanjut Kahiril, logo baru Telkomsel juga memadukan huruf kapital dan huruf kecil yang merepresentasikan semangat Telkomsel untuk lebih ramah dan dekat dengan pelanggan.

“Yang kedua Simbol “Portal”, sebagai pendamping dari logo baru, Telkomsel memperkenalkan sebuah simbol baru berupa ilustasi “portal”, yang dapat digunakan secara sendiri atau bersama dengan logo baru.

“Filosofi dari portal ini merepresentasikan semangat dari Telkomsel untuk membuka dunia yang penuh dengan peluang kepada Indonesia. Pengunaan simbol “Portal” tidak berdampingan dengan logo utama,” katanya.

Masih kata Khairil, warna merah dan putih dari bendera Indonesia tetap menjadi warna utama dari Telkomsel. Dan agar bisa menstimulasi perasaan dan terhubung secara lebih emosional kepada seluruh pelanggan, Telkomsel juga memperkenalkan beberapa warna sekunder yaitu: merah tua, biru navy, kuning, abu-abu dan hitam.

“Sementara itu, untuk menyederhanakan brand strategy dari seluruh layanan, Telkomsel juga secara bertahap akan mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand. Dimana dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, brand Telkomsel akan menjadi lebih kuat dan menonjol. Salah satu contohnya adalah penyederhanaan brand layanan prabayar simPATI, Kartu As dan Loop menjadi satu brand, yakni Telkomsel Prabayar,” ujarnya.

Selain elemen visual, Telkomsel juga menghadirkan musik baru yang akan
merepresentasikan merk dari Telkomsel. Musik ini memadukan instrumen tradisional dan modern, menjadi sebuah musik yang energik, dinamis, modern dan orisinil.

“Bersamaan dengan momen peluncuran logo baru, Telkomsel bekerja sama dengan Yovie Widyanto, Arsy Widyanto dan Tiara Andini untuk meluncurkan lagu tema baru milik Telkomsel dengan judul -Memilih aku-. Lirik dan melodi dari lagu ini menggambarkan rasa syukur dan terima kasih Telkomsel kepada Indonesia yang telah memilih Telkomsel selama 26 tahun, dan komitmen kuat bahwa Telkomsel akan selalu ada untuk Indonesia,” tutup Khairil. (Raden)