Telkomsel Bagikan Kuota 30GB Gratis Untuk Mahasiswa

138
Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani bersama Jajaran Rektor seperti Direktur  Sistem Teknologi Informasi Dr.Ir Arry Akhmad Arman, Direktur Pengembangan Pendidikan Yusep Rosmansyah ST,M.Sc.,Ph.D dan perwakilan guru besar astronomi Prof. Taufiq Hidayat saat mencoba layanan CloudX sebagai media belajar jarak jauh (26/3). Layanan ini dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh secara video conference.

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Telkomsel menghadirkan Paket Bebas Akses ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa di 130 perguruan tinggi di Indonesia. Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama 30 hari tanpa biaya.

Direktur Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, Telkomsel memperluas inisiatif kolektif di bidang pendidikan bersama Perguruan Tinggi serta (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah.

“Ini merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu,” ujar Ririn secara tertulis.

Ririn menambahkan, Presiden Joko Widodo beserta para pemimpin Pemda (pemerintah daerah) telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19.

“Memahami hal tersebut, Telkomsel akan senantiasa berdampingan dan berkolaborasi bersama Pemerintah RI dan para pemangku kepentingan di sektor pendidikan untuk bergotong royong memastikan agar aktivitas belajar berjalan dengan baik,” imbuh Ririn.

Ririn menjelaskan, Setelah sebelumnya bergotong royong bersama sejumlah platform penyedia layanan e-learning, Telkomsel sangat senang, karena dapat memperluas kolaborasi tersebut dengan perguruan tinggi dan Kemendikbud RI guna mengakomodasi kebutuhan belajar online para mahasiswa.

“Nantinya paket ini akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning 130 perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Intsitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh hingga Universitas Cendrawasih di Jayapura,” jelas Ririn.

Saat ini, kemudahan Paket Bebas Akses Ilmupedia 30GB tanpa biaya sudah dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning lebih dari 100 perguruan tinggi, dimana jumlah ini akan terus berkembang hingga 130 situs e-learning perguruan tinggi di Indonesia.

“Selain itu, paket ini juga akan segera dapat digunakan untuk mengakses situs e-learning dari Kemendikbud yaitu Spada Indonesia, yang berisi mata kuliah dari berbagai Perguruan Tinggi Penyelenggara di Indonesia,” kata Ririn.

Mahasiswa dapat memanfaatkan paket ini selama 30 hari sejak tanggal aktivasi melalui aplikasi MyTelkomsel. Paket ini sendiri melengkapi program Paket Bebas Akses 30GB Ilmupedia yang sebelumnya telah disediakan untuk mengakses sejumlah platform belajar online sebagai respon menghadapi tantangan pandemi COVID-19, seperti aplikasi Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu. Daftar situs e-learning perguruan tinggi yang sudah dapat diakses melalui Paket Bebas Akses ilmupedia 30GB, serta informasi lainnya dapat diakses di telkomsel.com/paket-ilmupedia.

Selain itu, karena banyak universitas yang telah meniadakan sementara waktu kegiatan belajar mengajar di kampus dalam rangka memberlakukan mekanisme social distancing. Telkomsel sebagai leading digital telco company turut membantu Universitas dalam menghadirkan layanan belajar online dan virtual meeting secara gratis menggunakan layanan CloudX agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana tanpa harus melakukan tatap muka langsung.

Untuk diketahui, Telkomsel hingga kini mencatat peningkatan trafik layanan data dalam pemanfaatan sistem/aplikasi belajar daring (e-learning) yang mencapai 236%.

“Untuk itu, Telkomsel telah menyiagakan tambahan kapasitas jaringan di sejumlah wilayah yang memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh,” ungkap Ririn.

Telkomsel sebagai leading digital telco company akan terus bergerak maju untuk mengoptimalkan asset yang kami miliki sebagai connectivity enabler untuk memastikan masyarakat tetap terhubung dan produktif di segala sektor kehidupan di masa yang penuh tantangan ini.

“Namun kami juga sekaligus mengundang semua pihak yang memiliki visi yang sama untuk bergotong royong dalam upaya solidaritas bersama ini. Saatnya kita kuatkan kolaborasi dan bergandengan tangan agar bersama kita jaga Indonesia untuk atasi pandemi COVID-19,” tutup Ririn (*/raden)