Teknik Vokal Dalam Public Speaking yang Kamu Wajib Tahu

118
Foto : Pixabay.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kemampuan public speaking adalah kemampuan yang perlu dimiliki setiap orang untuk menunjang komunikasi di dalam kehidupan. Hal ini menjadi penting karena setiap orang perlu menjalin komunikasi dengan orang lain setiap harinya, bahkan beberapa orang seringkali harus berbicara di depan khalayak ramai.

Agar komunikasi menjadi efektif maka perlu diterapkan teknik public speaking, salah satunya adalah teknik vokal supaya pesan yang dimaksud bisa tersampaikan dengan baik dan tidak terjadi bias informasi.

Ketika berbicara di depan umum, kamu dituntut untuk berbicara dengan baik dan tidak hanya sekedar mengeluarkan suara lantang.

Berikut beberapa teknik vokal yang Ekbisbanten.com rangkum dari buku karya Aji Sukma yang berjudul Bukan Speaking Biasa, Public Speaking Kekinian untuk Anak Zaman Sekarang, Minggu (12/9):

  1. Perhatikan unsur-unsur olah vokal

Unsur-unsur olah vokal yang harus kamu tahu seperti artikulasi (kejelasan), intonasi (nada bicara), volume, tempo, peace (Langkah atau ketukan konstan dalam berbicara), pause (pengaturan jeda per kalimat), aksentuasi/stressing (penekanan kata atau kalimat tertentu), phrasering (pemenggalan kalimat), serta inflection (perubahan nada bicara).

  1. Lakukan latihan artikulasi

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat kata-kata yang cukup sulit diucapkan seperti restrukturisasi, standardisasi dan sebagainya. Oleh sebab itu kamu perlu melatih artikulasi supaya bisa berbicara dengan jelas.

Kamu bisa melatih artikulasi dengan mengucapkan kalimat seperti “kepala diurut, kelapa diparut”. Ucapkan kalimat tersebut dengan jelas hingga 10 kali.

  1. Lakukan latihan mengatur tempo atau speed

Berbicara dengan tempo yang sama secara terus menerus akan membuat audiens bosan.
Cobalah mengatur tempo, misalnya berbicara cepat untuk hal-hal yang biasa dan melambatkan tempo saat poin penting.

Kecepatan normal Ketika berbicara adalah sekitar 125 kata per menit.

  1. Lakukan latihan intonasi atau nada

Saat berbicara diperlukan adanya lagu bicara yang nadanya berganti-ganti agar tidak terdengar monoton.

Dengan melakukan hal tersebut maka audiens lebih mudah menangkap hal-hal yang kamu sampaikan.

  1. Lakukan latihan volume suara

Latihan volume suara perlu dilakukan supaya kamu tidak berbicara terlalu keras ataupun terlalu pelan.

Kamu bisa melakukan latihan volume ini dengan cara mengucapkan “Halo, apa kabar?” sebanyak 5 kali dengan suara yang semakin keras, tetapi dengan nada tetap.

Lalu ucapkan juga kalimat tersebut sebanyak 5 kali dengan suara yang semakin pelan serta dengan nada tetap.

  1. Lakukan latihan warna suara

Kamu bisa melakukan latihan warna suara ini dengan cara mengucapkan sebuah kalimat “Halo, apa kabar?” dengan warna suara asli dan diulang dengan warna suara lebih besar, kecil, parau, sangau dan lain sebagainya.

Demikianlah teknik vokal dalam public speaking, selamat berlatih dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. (Mg-Fitra)