Tanggul Sungai Cibanten Jebol, Kesultanan Banten Minta Segera Diperbaiki

73
Sultan Banten

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Banjir yang melanda Kota Serang pada 1 Maret 2022 kemarin, mengakibatkan Kesultanan Banten dan Makam Sultan Hasanuddin Banten terendam.

Hal itu terjadi dikarenakan ada beberapa Tanggul di Sungai Cibanten jebol. Akibatnya air sungai meluap hingga membanjiri Kesultanan Banten.

Atas kejadian tersebut, Ketua Badan Advokasi Kenadziran Kesultanan Maulana Hasanuddin Banten (BKKMHB), Tubagus Amrie Wardhana meminta, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk memperbaiki dan memperkokoh Tanggul Sungai Cibanten yang jebol.

“Kita minta kepada Pemkot Serang segera  untuk memperbaiki dan memperkokoh tanggul Sungai Cibanten,” kata Tubagus Amrie melalui sambungan telepon, Rabu (2/3/2022).

Lebih lanjut Tb Amrie juga menceritakan, bahwa dahulu pada tahun 1973 pernah terjadi banjir hingga Kesultanan Banten, tapi tidak separah ini.

Ini disebabkan, kata dia, tanggul Sungai Cibanten yang tidak diperbaiki dan diperkokoh hingga bertahun-tahun.

“Makanya kita meminta juga kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk segera menyelesaikan Pekerjaan kanalisasi dan memperbaiki dranase di sekitar kawasan Kesultanan Banten. Supaya kejadian musibah Banjir ini tidak terjadi lagi,” jelasnya.

Diketahui, banjir di Kesultanan Banten yang ketinggian airnya hingga pinggang orang dewasa pun kini mulai surut.***