Senin, 22 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Talkshow Cilegon Expo, UMKM Diajak Lebih Adaptif terhadap Perkembangan Digital

Redaksi

| 5 Mei 2024

| 22:59 WIB

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Didin S. Maulana, Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Provinsi Banten Alawi Mahmud dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Herman Purba foto bersama pada acara Talkshow Literasi Digital bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di panggung utama Cilegon Expo, pada Minggu malam, 5 Mei 2024.

CILEGON – Pada hari ketiga Cilegon Expo 2024, Kementerian Kominfo kembali menggelar Talkshow Literasi Digital bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di panggung utama Cilegon Expo, pada Minggu malam, 5 Mei 2024.

Hadir sebagai pembicara yakni Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Didin S. Maulana, Ketua Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Provinsi Banten Alawi Mahmud dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) Herman Purba.

Dalam pemaparannya, Didin menyampaikan bahwa visi Cilegon maju dan modern diartikan sebagai kota yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Menurutnya, saat ini sudah banyak program digitalisasi ekonomi yang diterapkan Pemkot Cilegon, termasuk bagi pengembangan UMKM.

“Zaman digital ini ada perubahan cukup besar, yakni dari sebelumnya manual ke digital. Manfaat dari ekonomi digital ini sangat penting, teruama dalam hal kemudahan dan kecepatan,” papar Didin.

Di Dinas Koperasi dan UKM, kata Didin, pihaknya sudah memiliki database pelaku UMKM baik Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun Nomor Induk Berusaha (NIB). Tercatat sebanyak 18.351 orang terdata sebagai pelaku UMKM. Mulai dari generasi milenial, hingga generasi X.

“Data ini diperlukan untuk pengembangan koperasi dan UMKM. Kami harus berstrasformasi ke arah digital. Oleh karenanya, kami juga mengembangkan aplikasi Pujasagon, yakni pusat jajanan dan oleh-oleh khas Kota Cilegon. Sekarang pembayarannya masih cash, ke depan akan kita kembangkan fintach, yakni sistem keuangan digital. Ini keberpihakan pemerintah terhadap UMKM,” jelas Didin.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top