Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Survei Penjualan Eceran Januari 2023 Diprakirakan Meningkat

and

| 10 Februari 2023

| 15:50 WIB

Foto: freepik.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Kinerja penjualan eceran secara tahunan diprakirakan meningkat pada Januari 2023. Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2023 sebesar 213,2, atau tumbuh 1,7% (yoy).

Kinerja penjualan eceran yang meningkat tersebut didorong oleh pertumbuhan Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang tercatat meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, secara bulanan penjualan eceran diprakirakan terkontraksi -2,1 persen (mtm).

Menurutnya, kontraksi terjadi pada seluruh kelompokdengan penurunan terdalam pada Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi, diikuti Subkelompok Sandang, serta Kelompok Barang Budaya dan Rekreasi sejalan dengan pola musiman akibat normalisasi permintaan pascaperayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru.

“Pada Desember 2022, pertumbuhan penjualan eceran secara tahunan tetap tumbuh positif. IPR Desember 2022 tercatat tumbuh 0,7 persen (yoy), meski lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya yang sebesar 1,3% (yoy),” katanya dalam siaran pers yang dirilis Bank Indonesia.

Meski begitu, Erwin mengungkapkan bahwa Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi serta Barang Budaya dan Rekreasi tercatat meningkat.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top