Sungai Cibanten Meluap 43 Titik di kota Serang Terendam Banjir, Ini yang Dilakukan Pemkot Serang

30

SERANG,EKBISBANTEN.COM – Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Serang sejak malam tadi, membuat sungai Cibanten meluap dan mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Kota Serang, Selasa (01/02/2022).

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, bahwa bencana banjir merupakan kali pertama yang menggenangi hampir seluruh wilayah di Kota Serang.

Menurutnya, bencana banjir di beberapa wilayah Kota Serang yang menggenangi ada sebanyak 43 titik.

BACA JUGA : Air Sungai Meluap, Perumahan di Kota Serang Terendam Banjir

“Ini merupakan banjir pertama yang menggenangi hampir seluruh wilayah Kota Serang, akibat meluapnya kali Cibanten, sebelumnya belum pernah terjadi seperti ini.” ujar Syafrudin pada saat Konferensi Pers di Workspace Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Selasa (1/3/2022).

Syafrudin menambahkan ada sekitar 43 titik wilayah di Kota Serang yang terendam banjir, dari 43 titik tersebut dikonfirmasi terdapat 1500 rumah yang terendam, serta terdapat 3500 orang yang mengungsi di beberapa Posko yang sudah di Sediakan oleh Pemerintah Kota Serang.

Selain beberapa rumah yang terendam banjir, terdapat beberapa warga meninggal serta anak-anak yang hanyut akibat tingginya luapan air yang menggenangi Kota Serang.

“Dari 43 titik yang terendam banjir, diketahui terdapat 5 warga yang meninggal satu diantaranya tersengat aliran listrik satu warga lainnya terkena longsor” tambah Syafrudin.

Selain bala bantuan yang dikerahkan, Pemerintah Kota Serang secara langsung menyalurkan beberapa bantuan logistik didistribusikan ke beberapa wilayah yang terdampak banjir, serta dapur-dapur umum di beberapa lokasi sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Serang.

Syafrudin berharap kepada seluruh warga Kota Serang yang terdampak banjir agar tidak kembali ke tempat tinggalnya, dikhawatirkan terdapat banjir susulan yang dapat menggenangi rumah warga.

“Dikhawatirkan cuaca buruk, lalu ada banjir susulan jadi masyarakat diharapkan tetap di posko pengungsian dahulu, menunggu info lebih lanjut dari Pemkot Serang,” paparnya.

Diketahui, saat inipun Pemerintah Kota Serang beserta seluruh jajaran OPD yang juga dibantu oleh aparatur TNI dan Kepolisian beserta BNPB, Basarnas Provinsi Banten, terus berupaya melakukan evakuasi warga dengan perahu karet ke tempat yang lebih aman.***