Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Stabilkan Harga, Pemprov Banten Tanam dan Panen Cabai

Budi Man

| 20 Desember 2023

| 10:00 WIB

Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat memanen cabai di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Rabu (20/12/2023). Foto: Budiman/Ekbisbanten.com.

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memanen dan menanam cabai di Kecamatan Baros, Kabupaten Serang pada Rabu (20/12/2023). 

Upaya itu dilakukan untuk menekan harga cabai di Banten. Sebab, harga cabai kini di pasaran sedang membumbung tinggi, dampak El Nino yang menyebabkan pasokan tersendat dan dinilai memicu inflasi. 

Hal itu diucapkan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar usai memanen dan menanam cabai bersama Forkopimda. Langkah itu juga dilakukan untuk persiapan stok cabai menjelang Natal dan baru 2024.

“Untuk mengendalikan inflasi utamanya dan stabilisasi harga,” ujarnya. 

“Pada dasarnya cabai tidak ada masalah sebenarnya, tapi ada faktor alam El Nino sehingga produksi cabai menurun, sehingga berpengaruh terhadap inflasi,” sambungnya. 

Cabai hasil panen yang diperkirakan 1,6 ton dari lahan sekitar setengah hektar itu, pada tahap awal diharapkan sedikitnya dapat menjaga kestabilan harga di pasaran. 

“Cabai khususnya yang kita mengkomunikasikan antar daerah agar kita saling memasok bahan baku cabai. Kita juga akan kerjasama antar daerah untuk bisa kita lakukan pasar murah bersama. Sedang kita persiapkan panen di Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” tukasnya. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top