Sopir Lalai Tak Rem Tangan, Mobil Travel Asal Jepara Tercebur Ke Laut di Merak

32
KMP Kumala
Petugas tengah mengevakuasi kernet mobil Isuzu Elf yang tercebur ke laut, Senin (3/2022). Foto: Istimewa

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Satu unit mobil travel Isuzu Elf dengan Nomor Polisi (Nopol) K 7432 KA asal Jepara, Jawa Tengah tujuan Bakauheni, Lampung Selatan terjatuh ke laut dari atas kapal KMP Kumala milik PT Dharma Lautan Utama pada Senin, (3/1/2022) di perairan Merak.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Suhara membenarkan peristiwa tersebut.

“Kronologinya itu kapal keluar dermaga pukul 12.05 WIB, keluar dermaga baru 30 menit. Kejadian mau keluar alur di dermaga 5 dan agak miring,” katanya kepada wartawan.

Dia menduga, musibah itu terjadi lantaran sopir lalai tidak mengerem tangan mobil.

“Kayaknya nggak direm tangan, posisi mobil ada di dalam kapal, mobil menggelinding,” ujar AKP Suhara.

Beruntung dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, hanya saja dikatakan AKP Suhara, seorang kernet mobil itu ikut tercebur ke laut karena saat itu ia tengah berada di dalam mobil.

“Si kenek juga kaget ikut jebur juga ke laut tapi kenek diselamatkan,” ucapnya.

Sementara menurut pengakuan Manager Cabang PT Dharma Lautan Utama Wiweko Agung, kernet mobil tersebut awalnya sudah keluar dari mobil. Namun, tanpa sepengetahuan kernet kembali masuk ke dalam mobil.

“Gak lama kemudian kernetnya masuk lagi ke kendaraan istirahat di situ di luar sepengetahuan kita, kita tidak tahu apa yang dilakukan kernet,” katanya.

Wiweko juga mengaku, pihaknya telah menerapkan standar prosedural untuk mengamankan mobil itu di dalam kapal.

“Kendaraan tersebut sudah diganjal di roda depan dan belakang sesuai prosedur. Pengakuan dari kernet itu sudah diganjal depan belakang juga roda-rodanya,” ujarnya.

Meski begitu, pihak perusahaan langsung bergerak cepat memberikan pertolongan kepada kernet yang ikut tercebur itu dengan membawanya ke klinik terdekat.

“Jadi sudah kita perhatikan semua kernet yang jatuh ke laut itu,” tutupnya.***