Senin, 22 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Sinar Mas Land dan PT KAI Percepat Pembangunan Stasiun Jatake di BSD City, Beroperasi Pertengahan 2025

Yasyifaa Yaasmin

| 31 Maret 2024

| 01:22 WIB

(kiri-kanan): Asdo Artriviyanto (Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia), Rosma Handayani (Direktur SDM & Umum PT KAI), Novie Riyanto (Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan RI), Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI), Andi Ony (Pj Bupati Tangerang), M. Risal Wasal (Direktur Jenderal Perkeretaapian), Syukur Lawigena (Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk) dalam acara Seremoni Pembangunan Stasiun Baru Jatake pada hari Sabtu (30/3) di Stasiun Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. (Foto: Sinar Mas Land For Ekbisbanten.com)

TANGERANG, EKBISBANTEN.COM – Sinar Mas Land bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi membangun gedung Stasiun Jatake di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Lokasi Stasiun Jatake ini berada di antara Stasiun Cicayur dan Stasiun Parung Panjang.

Prosesi seremoni dilakukan oleh Menteri Perhubungan RI – Budi Karya Sumadi, Pj Bupati Tangerang – Andi Ony, Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia – Asdo Artriviyanto, Direktur SDM & Umum PT KAI – Rosma Handayani, Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan RI – Novie Riyanto, Direktur Jenderal Perkeretaapian – M. Risal Wasal, dan Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk – Syukur Lawigena pada hari Sabtu (30/3), di Stasiun Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Stasiun Jatake dibangun di atas lahan seluas 2.435 meter persegi. Di area tersebut nantinya akan dibangun gedung stasiun kereta api dengan luas bangunan ± 3.000 meter persegi (3 lantai), yang direncanakan mulai beroperasi pada pertengahan 2025.

Pembangunan Stasiun Jatake merupakan bagian dari pengembangan konsep TOD (Transit Oriented Development) sebagai fasilitas kota baru untuk mengurangi kepadatan transportasi di jalan raya melalui pemaksimalan penggunaan kendaraan umum.

Inisiatif ini juga merupakan langkah konkret komitmen perusahaan dalam mentransformasikan BSD City menjadi integrated smart digital city dengan peningkatan konektivitas melalui transportasi kereta dan angkutan publik lainnya.

Ke depannya, Stasiun Jatake yang terbangun ini akan diserahkan PT Bumi Serpong Damai Tbk melalui Sinar Mas Land kepada PT KAI sebagai pengelola pengoperasian.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja sama yang sangat baik antara PT KAI (Persero) dan PT Bumi Serpong Damai Tbk, yang telah menginisiasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan Stasiun Baru Jatake.

“Pembangunan Stasiun Baru Jatake ini merupakan suatu bentuk komitmen bersama yang mensinergikan kontribusi antara Pemerintah, BUMN, dan pihak swasta dalam merealisasikan pembangunan prasarana perkeretaapian Indonesia yang modern dan terintergrasi. Semoga kehadiran stasiun baru ini dapat berkontribusi dalam pengembangan transportasi yang lebih baik dan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat,” kata Budi Karya Sumadi.

Sementara itu Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya juga mengapresiasi langkah Sinar Mas Land untuk mengedepankan fasilitas kendaraan umum berupa Kereta Rel Listrik bagi penghuni, pengunjung, dan masyarakat di sekitar BSD City.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top