Sabtu, 20 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Simak, Begini Cara Melakukan Pendaftaran PPPK di BPS Formasi Tahun 2023

Raden Warna

| 21 September 2023

| 13:34 WIB

Dok/Prospel

EKBISBANTEN.COM – Jumlah Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis Badan Pusat Statistik (BPS)Tahun Anggaran 2023 sebanyak 347 orang pegawai, bagi para calon kandidat yang berminat untuk mengisi posisi kerja di BPS berikut ini adalah tata cara yang harus dilakukan:

  1. Pelamar harus melakukan pendaftaran melalui laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) serta mengunggah dokumen yang dipersyaratkan.
  2. Dokumen persyaratan terdiri dari:
    a. Surat lamaran ditujukan kepada Kepala Badan Pusat Statistik di Jakarta, diketik menggunakan komputer, ditandatangani kemudian dibubuhi dengan e-meterai Rp10.000,-. Format surat lamaran sebagaimana pada Lampiran 2 dan dapat diunduh pada laman http://s.bps.go.id/suratlamaranPPPKBPS.
    b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang masih berlaku.
    c. Surat pernyataan 5 (lima) poin, diketik menggunakan komputer, ditandatangani kemudian dibubuhi dengan e-meterai Rp10.000,-. Format surat pernyataan sebagaimana pada Lampiran 3 dan dapat diunduh pada laman http://s.bps.go.id/suratpernyataanPPPKBPS.
    d. Ijazah asli sesuai kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan pada jabatan yang dilamar. Pelamar lulusan luar negeri wajib menambahkan Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah asli dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan. Semua dokumen digabung dalam satu file;
    e. Transkrip Nilai asli Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50 (dua koma limanol) skala 4,00 (empat koma nol). Pelamar lulusan luar negeri wajib menambahkan Surat Keputusan Hasil Konversi Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan. Semua dokumen digabung dalam satu file.
    f. Surat keterangan pengalaman bekerja minimal 2 (dua) tahun di bidang yang relevan dengan ketentuan sebagai berikut: Ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja; Menyebutkan jangka waktu bekerja; Menyebutkan bidang tugas/unit kerja/jabatan yang relevan dengan jabatan yang dilamar. Menggunakan kertas dengan kop surat instansi pemerintah/perusahaan swasta/lembaga swadaya non-pemerintah/yayasan.
    g. Pas foto terbaru berlatar belakang warna merah dan wajah harus tampak jelas;
    h. Bagi pelamar penyandang disabilitas wajib mengunggah:
  3. Dokumen/surat keterangan resmi dari dokter rumah sakit
    pemerintah/puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan Video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktifitas sesuai jabatan yang akan dilamar;
    i. Khusus untuk pelamar jabatan Ahli Pertama – Analis Hukum, wajib
    melampirkan Surat Keterangan Pernah Beracara di Persidangan dari kepala institusi/kantor advokat atau Berita Acara Sumpah sebagai Advokat.
  4. Semua dokumen persyaratan diunggah pada laman https://sscasn.bkn.go.id dengan
    ketentuan sebagai berikut:
    a. Pas foto dalam format jpg;
    b. Dokumen persyaratan lainnya merupakan hasil scan dokumen asli berwarna dalam
    format pdf;
    c. Seluruh dokumen dapat dibuka/file tidak rusak, terbaca, dan jelas.
  5. Pelamar yang mengunggah dokumen tidak lengkap dan/atau tidak sesuai syarat dan ketentuan sebagaimana tercantum dalam Pengumuman ini maka akan dinyatakan gugur.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top