Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Semester 2023, Sektor Industri Manufaktur Raup Investasi Rp270,3 Triliun

Admin

| 22 Juli 2023

| 20:27 WIB

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Sabtu (22/7/2023). Foto: Humas Kemenperin

Industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya masuk dalam lima besar subsektor dengan realisasi investasi tertinggi.  Industri tersebut realisasi investasinya mencapai Rp42,4 Triliun.

Subsektor lain yang juga menunjukkan realisasi investasi tinggi antara lain industri makanan, industri kimia dan farmasi industri tekstil, serta industri karet dan plastik. Dalam periode tersebut, terserap 464.289 orang tenaga kerja.

“Persebaran investasi semakin merata dengan tumbuhnya kawasan-kawasan industri di seluruh Indonesia. Dapat kita lihat, realisasi investasi di Sulawesi Tengah berada pada peringkat keempat di triwulan II – 2023, sebesar Rp26,6 Triliun,” kata Agus.

Agus mengklaim, meningkatnya realisasi investasi hingga Juni 2023 merupakan salah satu indikasi tumbuhnya perekonomian Indonesia.

“Seperti kita lihat pada Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Juni 2023 dengan angka 53,93, serta Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur yang tercatat pada 52,5, peningkatan investasi di industri pengolahan nonmigas juga menunjukkan optimisme para pelaku industri. Karenanya, kami bertekad menjaga kepercayaan ini dengan terus memberikan dukungan kepada sektor industri di Indonesia,” pungkas Menperin.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top