Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

SATRIA-1 Resmi Diluncurkan, Presiden Jokowi: Ini Upaya Pemerataan Infrastruktur Digital

and

| 19 Juni 2023

| 16:38 WIB

SATRIA-1 saat akan mengudara ke angkasa. (FOTO: XSPACE).

EKBISBANTEN.COM – Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 melesat ke angkasa hari ini, Senin (29/6/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, peluncuran tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan infrastruktur digital.

Adapun momen peluncuran SATRIA-1 itu turut diunggah Presiden di media sosialnya. Ia menyebut, satelit itu meninggalkan bumi dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) dari Cape Canaveral Space Force Station, Florida, Amerika Serikat (AS).

“Satelit Republik Indonesia (SATRIA) 1 hari ini telah meluncur ke angkasa. Tepat pukul 05.21 WIB atau hari Minggu pukul 18.21 waktu Florida, Amerika Serikat, SATRIA-1 meninggalkan bumi dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) dari Cape Canaveral Space Force Station, Florida,” tulis Jokowi.

Jokowi menuturkan, SATRIA-1 adalah satelit multifungsi pertama milik pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia. Satelit ini disebutnya akan mengorbit di atas Papua.

“SATRIA-1 adalah satelit multifungsi pertama milik pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia. Satelit ini akan menempati orbit 146°BT tepat di atas Papua,” tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, peluncuran SATRIA-1 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan infrastruktur digital.

“Peluncuran SATRIA-1 adalah salah satu upaya kita dalam pemerataan pembangunan infrastruktur digital di pusat pelayanan publik di seluruh Indonesia,” pungkas Presiden.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top