Sandiaga Uno: Inovasi, Adaptasi dan Kolaborasi Kunci Kebangkitan Pariwisata

84
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Foto : rohman/ekbisbanten

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, untuk membangun dan membangkitkan sektor ekonomi dan pariwisata tahun 2021, pelaku UMKM dituntut menerapkan tiga pilar ekonomi kreatif yaitu, inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

“Jadi Para UMKM harus bisa mencari peluang untuk mencetak pasar. UMKM harus bisa berinovasi, adaptasi dan kolaborasi untuk dapat bertahan dan menciptakan peluang baru,” ujar Sandiaga Salahudin Uno pada Seminar Nasional bertajuk “Pemulihan Ekonomi Nasional dan Kebangkitan Ekonomi Kreatif” yang diadakan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) via zoom, Rabu (3/2).

BACA JUGA : 2021, Ekonomi Banten Diproyeksi Tumbuh Hingga 5,9 Persen

Ia mengatakan, para UMKM harus bisa memanfaatkan era digitalisasi agar dapat terus kreatif, membuat daya tahan dan menciptakan peluang baru di masa pandemi Covid-19.

“Mencari peluang mencetak pasar seperti kuliner yang harus terus kreatif, salah satunya yaitu dengan membuat frozen food, dan menciptakan wisata berbasis alam,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pemerintah juga mengambil langkah keberpihakan kepada para pelaku UMKM guna mengurangi risiko dampak pandemi Covid-19, seperti risiko pengurangan karyawan atau PHK.

“Pemerintah juga menyiapkan langkah dalam perlindungan karyawan, dukungan untuk mengurangi beban keuangan dan kebutuhan makan mereka sehari-hari,” katanya. (rohman)