Samsat Cikande Jadi Pilot Project Penerapan Aplikasi Road Tax

19
Road Tax
Kepala UPT Samsat Cikande, Rita Prameswari Riva'i didampingi kepala Bapenda Banten Opar Sohari dan Dirlantas Polda Banten saat melihat pemasangan stiker Road Tax, Senin (21/3/2022). (FOTO: ISTIMEWA).

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Cikande Serang dipilih oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pusat untuk menerapkan aplikasi Road Tax untuk pertama kalinya.

Adapun peluncuran aplikasi Road Tax bertujuan untuk meningkatkan Pajak Asli Daerah (PAD) pada sektor pajak kendaraan bermotor.

Tak hanya itu, aplikasi Road Tax dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pelayanan pajak kendaraan.

Kepala UPT Samsat Cikande, Rita Prameswari Riva’i mengaku bangga dan bahagia, karena instansi yang dipimpinnya menjadi pilot project untuk pertama kali di Indonesia dalam penerapan Road Tax.

“Saya seneng dong, dijadikan pilot project dan tempat launcing aplikasi Road Tax. Saya harap masyarakat Kabupaten Serang lebih taat untuk membayar pajak kendaraan,” katanya kepada wartawan usai peluncuran aplikasi Road Tax, Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut, Rita mengungkapkan adanya stiker Road Tax yang diberikan akan membuat pengendara lebih nyaman dan lebih percaya diri. Hal itu lantaran menunjukkan jika pengendara kendaraan berstiker tersebut taat pajak.

“Membawa dampak positif di berbagai hal, aplikasi Road Tax ini. Semoga masyarakat lebih taat membayar pajak, karena stiker ini sebagai penunjang untuk membuat nyaman wajib pajak untuk berkendaraan. Sehingga terlihat dia sudah membayar pajak,” jelas Rita.

Sementara itu, Kepala Bapenda Banten, Opar Sohari menambahkan, bahwa dari 5,6 juta kendaraan di Banten, semoga terdapat peningkatan PAD pada 2022.

“Apalagi dengan pelayanan digitalisasi Road Tax ini, masyarakat dapat dengan mudah membayar pajak kendaraan,” ujar Opar Sohari dengan singkat.**