Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Sambut Airin dengan Bendrong Lesung, Warga Pandeglang: Gubernur Banten Kita

Budi Man

| 19 April 2024

| 17:30 WIB

Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany saat berfoto bersama Warga Pandeglang, Kamis (18/4/2024). Foto: Istimewa.

EKBISBANTEN.COM-Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany disambut Warga Kabupaten Pandeglang dengan kesenian tari Bendrong Lesung, pada Kamis (18/4/2024).

Salah seorang warga yang membawakan Bendrong lesung, Jubedah (45) mengatakan, kesenian itu sebenarnya tak hanya dimainkan saat menyambut panen raya saja.

Namun juga di pentaskan untuk acara- acara lain, seperti pada saat menyambut tamu, khususnya mantan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan itu.

“Khusus menyambut Ibu Airin, ini juga kegembiraan warga dalam menyambut Ibu Airin. Alhamdulillah Ibu Airin juga senang lihatnya, apalagi kami warga sangat senang kedatangannya, Insya Allah Gubernur Banten kita,” pungkasnya.

Merespon keramahan para Warga Pandeglang itu, Airin sontak menghampiri para Ibu yang memainkan alat musik tradisional Bendrong Lesung tersebut sambil bercengkerama.

“Terima kasih, terima kasih Ibu,” ucap Airin kepada para para Ibu-ibu.

Di sela-sela tatap muka dengan masyarakat, Airin mengatakan teringat saat orang tuanya pernah memainkan Bendrong Lesung di kampung halamannya di Banjar.

“Tadi saya lihat yang main Bendrong lesung, saya juga orang kampung, aslinya mah orang Banjar, Ciamis. Biasanya bapak saya suka nyanyikan lagu sambil ketok-ketok, ada lagu sambil lulungan,” ujar Airin.

Sebagai informasi, Bendrong Lesung merupakan salah satu tradisi khas masyarakat pertanian di Provinsi Banten. Dalam pementasannya menggunakan sebuah Lesung. Lesung adalah alat penumbuk padi tradisional dan sering digunakan di desa-desa.

Awalnya, kesenian ini menjadi sebuah Tradisi dari masyarakat sekitar yang dimana pertunjukkannya di lakukan saat musim panen tiba. Adapun tujuan dari diadakannya Kesenian ini adalah untuk merayakan kegembiraan masyarakat atas keberhasilan panen selama musim panen berlangsung.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top