Sambil Sosialisasi, BP Jamsostek Berikan Bantuan 2 Ton Beras ke Pemkan Lebak

63
Dok BP Jamsostek Serang

LEBAK, EKBISBANTEN.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang menyerahkan bantuan 2 ton sembako beras kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebak.

Kepala BPJS Kantor Cabang Serang, Didin Haryono mengungkapkan, bantuan ini diberikan guna membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Lebak.

“Selain memberikan bantuan, kami juga melakukan menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh Asisten Daerah serta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” ungkap Didin Haryono disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara Pemkab Lebak dan BP Jamsoatek di Ruang Rapat Terbatas Setda Lebak, Kamis (4/6).

Didin menuturkan, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai misi melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja baik itu formal maupun informal.

“Kami harap lebih banyak lagi masyarakat yang sadar untuk bisa memanfaatkan program-program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Didin memaparkan, BP Jamsostek memiliki empat program jaminan sosial ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

“BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum pemerintah yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam menghadapi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja,” jelas Didin.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum dan Kesra Setda Lebak, Febi Hardian menyampaikan, kehadiran BPJS Ketenagakerjaan ini sangat memberi banyak manfaat bagi para pekerja di daerahnya.

“Dalam rangka meningkatkan kolaborasi antara BPJS dan Pemkab Lebak yang selama ini sudah dibina dengan baik dan terus melakukan koordinasi dalam hal pelaksanaan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Lebak terutama perlindungan bagi tenaga kerja honor yang ada di pemda mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perangkat desa,” ujar Febi.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara Pemkab Lebak dan BP Jamsoatek dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dengan menjaga jarak dan senantiasa menggunakan masker untuk menekan angka penyebaran pandemi Covid-19.

“Pemerintah Kabupaten Lebak menyambut baik kehadiran BPJS Ketenagakerjaan karena program ini sangat bermanfaat untuk jaminan kecelakaan dan kematian bagi pekerja, baik formal ataupun informal dengan iuran yang sangat terjangkau kurang dari 20 ribu perbulan sesuai dengan upah pekerja masing-masing,” tutup Febi. (*/Raden)