Rumah Yang Terdampak Banjir Dapat Bantuan, Ini Syarat dan Rinciannya

28
Banjir

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pasca banjir yang melanda Kota Serang, Pemerintah Kota Serang beserta Komisi VIII DPR RI, BNPB dan Kementerian Sosial akan memberikan bantuan untuk rumah rusak baik dengan kerusakan sedang maupun berat kepada warga Kota Serang yang terdampak banjir.

Ketua Komisi 8, DPR RI, Yandri Susanto mengatakan, bahwa dirinya siap bertanggung jawab dan memperjuangkan warga Kota Serang yang terdampak banjir. Dari mulai bantuan berupa makanan, selimut hingga bantuan pembangunan rumah yang rusak akibat banjir.

“Saya warga kota Serang ingin memperjuangkan ,intinya kita maksimalkan bantuan ini, dan akan menjadi PR kita semua. Makanya BNPB dan Kementerian Sosial ada bantuan rumah yang rusak akibat banjir,” kata Yandri saat meninjau korban banjir di daerah Kasemen, Kamis (3/3/2022).

Meski demikian, kata Yandri, untuk bantuan rumah yang terdampak banjir, terdapat syarat khusus bagi yang ingin mendapatkan bantuan rehab rumah.

“Ada syaratnya. Misalkan kepemilikan tanah, tata ruang dan sebagainya. Tapi saya janji akan kawal langsung dan memperjuangkan. Karena saya warga Kota Serang,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Serang, Syafrudin mengakui, untuk bantuan rumah rusak akibat banjir biaya tak terduga (BTT) sudah bisa dicairkan.

Untuk nominalnya, kata Syafrudin, rumah rusak ringan (RR) dan rusak sedang (RS) mencapai Rp5 juta sampai Rp10 juta. Sedangkan untuk rumah rusak berat (RB), sebesar Rp10 juta hingga Rp15 juta.

“Tapi saat ini masih kita data oleh masing-masing Lurah rumah yang terdampak banjir,” pungkasnya.***