Ribuan Serikat Buruh di Serang Geruduk Kantor BPJS Ketenagakerjaan

26
BPJS Ketenagakerjaan

SERANG,EKBISBANTEN.COM – Ribuan buruh yang tergabung dari aliansi serikat pekerja Kabupaten Serang menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten, Ciceri, Kota Serang, Rabu 23 Februari 2022.

Aksi unjuk rasa itu dilakukan mengenai peraturan Ketenagakerjaan nomor 02 tahun 2022. Sehingga Tenaga Kerja dapat mencairkan Jaminan Hati Tua (JHT) apabila sudah usia 65 tahun.

Namun Aksi unjuk rasa ini yang dilakukan oleh para Aliansi Serikat Pekerja asal Kabupaten Serang, dengan audiensi secara humanis.

Dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagarakerjaan Provinsi Banten, Yasarudin, bahwasanya menerima audiensi bersama dengan masa Aliansi Serikat Pekerja asal Kabupaten Serang.

Mereka, kata dia, para Aliansi menyampaikan aspirasi terhadap peraturan JHT.

“Intinya audiensi para serikat buruh ke BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten para serikat buruh menolak program JHT,” ujar Yasarudin saat konferensi pers di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten. Rabu (23/2/2022).

Yasarudin mengaku, tentunya pihak BPJS Ketenagakerjaan disini sebagai badan penyelenggara di dampingi Disnaker Kabupaten Serang sebagai regulator mewakili Pemerintah.

“Kami akan sampaikan ke Pemerintah Pusat. Namun, sebagai BPJS Ketenagakerjaan Banten saat ini pada prinsipnya tetap melaksanakan peraturan perundangan terkait dengan program JHT,” jelasnya.

Bahkan, kata Yasarudin, sampai sekarang masih menunggu Peraruturan Mentri nomor 02 tahun 2022, karena belum berlaku.

“Sampai saat ini, program JHT belum diberlakukan. Karena kami BPJS Ketenakerjaan hanya melakukan program, setelah diresmikan oleh Kementrian,” tegasnya.

Diketahui, diberlakukannya Peraturan Ketenagakerjaan nomor 02 tahun 2022, Tenaga Kerja dapat mencairkan JHT apabila sudah usia 65 tahun, atau mengalami cacat mental maupun meninggal dunia.

Bahkan juga meninggalkan Indonesia yang selama-lamanya sebagai warga negara asing.

Tak hanya itu, informasi dari BPJS Ketenaga Kerjaan Banten, BP Jamsostek dapat mencairkan JHT 10 persen setelah masa kepesertaan 10 tahun, dan 30 persen untuk kepemilikan rumah.***