Resmikan Jalan Tol Serang-Panimbang, Jokowi: Inrastruktur Faktor Penting Pertumbuhan Ekonomi Daerah

35
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Tangkap layar youtube Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden)

LEBAK, EKBISBANTEN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serang – Panimbang seksi I ruas Serang – Rangkasbitung. Peresmian dilaksakan di Gerbang Tol Rangkasbitung, Selasa (16/11).
Menurut Jokowi, keberadaan jalan tol sepanjang 26,5 kilometer (KM) ini akan mampu mengungkit pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten.

“Kemudahan konektivitas ini merupakan faktor penting pertumbuhan ekonomi daerah. Saya yakin ini akan jadi pengungkit ekonomi di Provinsi Banten khususnya terutama di sekitar jalan tol ini yakni Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, infrastruktur merupakan pondasi bagi suatu negara agar mampu bersaing dengan negara-negara lain. Selain itu, konektivitas infrastruktur juga akan mempermudah jalur distribusi berbagai komoditas dan pasar di daerah.

“Artinya yang kita kejar adalah daya saing, kita tidak mungkin bisa melampaui negara lain kalau indeks kompetitivenes nya lebih rendah. Karena tanpa infrasntruktur barang barang apapun ini akan lebih tinggi. Itulah yang kita kejar,” imbuh Jokowi.

Jalan Tol Serang-Panimbang dengan total panjang 83,67 kilometer terdiri dari tiga seksi, yakni seksi 1 sepanjang 26,5 kilometer ruas Serang-Rangkasbitung yang telah rampung 100 persen.

Kemudian seksi 2 sepanjang 24,17 kilometer menghubungkan ruas tol Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 kilometer menghubungkan Cileles-Panimbang masih dalam tahap konstruksi.

“Insya Allah akan dituntaskan di akhir tahun 2023 akan selesai,” tutup Jokowi. **