Rekam Jejak Karier Al Muktabar Sebelum Jadi Penjabat Gubernur Banten

18
Al Muktabar
Al Muktabar. (FOTO: DOK PEMPROV BANTEN).

EKBISBANTEN.COM – Al Muktabar resmi menduduk kursi Penjabat (Pj) Gubernur Banten menggantikan Wahidin Halim yang habis masa jabatannya usai dilantik oleh Menteri dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Kamis (12/5/2022) di Kantor Kemendagri.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Untuk lebih mengenal sosok yang akan memimpin Banten itu, berikut Ekbisbanten.com rangkum jejak karier Al Muktabar.

Dikutip dari Pemerintah Provinsi Banten, Al Muktabar merupakan lulusan Universitas Bengkulu pada 1989 di bidang Ilmu Sosial dan Politik.

Pria kelahiran Jakarta, 12 Juni 1965 itu kemudian melanjutkan studinya ke jenjang magister di Universitas Gadjah Mada (1996) dan Polytechnic Institute of New York (1998).

Selain itu, Gelar doktornya juga diraih di dua kampus, yaitu Universitas Padjadjaran Bandung (2004) dan The Florida State University (2006).

Adapun kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dimulai saat Ia bertugas sebagai widyaiswara di Kemendagri.

Widyaiswara adalah PNS yang diangkat sebagai pejabat fungsional dengan tugas, tanggung jawab, wewenang untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih PNS pada lembaga pendidik dan pelatihan (diklat) pemerintah.

Setelah itu, Al Muktabar juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Kerjasama Antar Negara di Kemendagri dan Sekretaris Daerah Banten sebelum akhirnya saat ini menjadi Pj Gubernur Banten.*