Selasa, 25 Juni 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Realisasi Pendapatan RSUD Cilegon Capai Rp63 Miliar

Admin

| 24 Desember 2021

| 22:13 WIB

Kemudian, Ade membeberkan pemberlakuan rujukan berjenjang oleh BPJS Kesehatan sejak 2017 juga turut menyumbang sebab tidak tercapainya target pendapatan RSUD Kota Cilegon.

Pasalnya, dikatakan Ade, pemberlakuan sistem tersebut membuat pasien tidak bisa semerta-merta langsung dirujuk ke RSUD Kota Cilegon.

“Kalau dulu sebelum ada aturan itu bebas saja pasien BPJS, sekarang gak boleh. Jadi dengan rumah sakit dengan sistem berjenjang itu ditangani di puskesmas dulu, kalau puskesmas gak bisa ke rumah sakit tipe C dulu, nanti kalau di tipe C gak bisa ditangani baru di rujuk ke rumah sakit tipe B,” terangnya.

“Otomatis kan jadi semua sekarang rumah sakit swasta banyak nih, rumah sakit swasta itu rata-rata tipe C dan mereka lebih nyaman. jadi otomatis, dan BPJS sudah bekerjasama dengan seluruh rumah sakit swasta, pasti ada lah. Jadi akhirnya RSUD bukan satu-satunya pilihan rumah sakit untuk dirawat BPJS, tapi banyak,” imbuh Ade.

Meski begitu, Ade mengaku pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pasien yang datang, dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan RSUD Kota Cilegon.

“Makanya tadi untuk menarik minat masyarakat upayanya sudah banyak, gimana caranya bangunan rumah sakit itu supaya nyaman, tetapi dari segi mutu pelayanan ditingkatkan karena tipe rumah sakit C kan dia tidak terlalu spesialistik, sehingga nanti RSUD dapat menerima rujukan dari mana saja,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Cilegon Faturohmi menambahkan penyebab lain yang membuat target pendapatan RSUD Kota Cilegon tidak tercapai.

Menurutnya, selain karena efek pandemi Covid-19 dan pemberlakuan rujukan berjenjang juga karena sarana penunjang di RSUD Kota Cilegon tidak aktif.

“Makanya kita kemarin rekomendasikan agar itu segera diperbaiki, termasuk ada beberapa peralatan medis lainnya yang kita minta segera diadakan di 2022,” ujarnya.***

]]>

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top