Rabu, 22 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

,

Realisasi APBD Pemprov Banten Semester 1/2023 Di Bawah 50 Persen

Admin

| 3 Juli 2023

| 22:52 WIB

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar saat ditemui wartawan di di KP3B Curug, Kota Serang, Senin (3/7/2023). (Foto: Biro Administrasi Pimpinan Dan Protokol Setda Provinsi Banten)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Realisasi pendapatan daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Banten hingga semester 1/2023 masih di bawah 50 persen.

“Realisasi hingga 30 juni 2023 itu untuk pendapatan 43,18 persen dan belanja 35,06 persen,” ujar Kepala Badan Pengelola Kepangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti di KP3B Curug, Kota Serang, Senin (3/7/2023).

Kendati masih di bawah 50 persen, Rina menyampaikan realisasi pendapatan dan belanja Pemprov Banten masuk dalam 10 tertinggi secara nasional, hal tersebut berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam mengoptimalkan realisasi belanja Pemprov Banten Tahun Anggaran 2023 Rina menyampaikan akan melakukan optimalisasi sesuai dengan anggaran kas yang telah disusun.

“Kalau untuk belanja kita optimalkan sesuai dengan anggaran kas yang sudah disusun,” katanya.

Selanjutnya, ia menjelaskan dalam menjaga jarak selisih realisasi pendapatan dan belanja sangatlah penting, sehingga dapat efektif.

“Itu pengelolaan kasnya efektif selisih pendapatan dan belanja kita tidak lebih dari 10 persen, efektif artinya tidak idle cash atau tidak banyak uang yang dibiarkan menganggur,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan selisih dari realisasi pendapatan dan belanja Pemprov Banten Tahun Anggaran (TA) 2023 hingga 30 Juni 2023 masih cukup terkendali, sehingga diharapkan hal tersebut dapat terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, kata Al Muktabar, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melakukan langkah-langkah dalam mengoptimalkan realisasi pendapatan dan belanja TA 2023.

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top