Rayakan Milad ke-1, Taman Kuliner Pandawa Gelar Doa Bersama dan Santunan Anak Yatim

41
Pembina Taman Kuliner Pandawa Agus Sutisna (kiri) menyerahkan santunan kepada anak yatim dalam rangka milad ke-1 Taman Kuliner Pandawa yang jatuh pada 10 April 2022, Minggu (10/4/2022). (FOTO: EEP SAEFULLAH / EKBISBANTEN.COM)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) atau milad ke-1, Taman Kuliner Pandawa Kota Serang menggelar kegiatan zikir dan doa bersama serta santunan bagi puluhan anak yatim.

Kegiatan dalam rangka tasyakuran tersebut digelar di area sekitar Taman Kuliner Pandawa, tepatnya di Perumahan Persada Banten, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Minggu (10/4/2022). Kegiatan tersebut turut dihadiri Pembina Taman Kuliner Pandawa Agus Sutisna, Ketua RW 06 Perumahan Persada Banten Iwan Sofwan dan ratusan warga setempat serta pengunjung.

Ketua RT 06 RW 07 sekaligus Pengelolah Taman Kuliner Pandawa Imam Taufik Novrianto mengatakan, selain bentuk rasa syukur, kegiatan zikir, doa bersama dan santuan itu wujud kepedulian kepada sesam, khususnya anak yatim dan kaum dhuafa.

“Alhamdulillah pada 10 April 2022 ini bertepatan dengan milad atau HUT berdirinya Taman Kuliner Pandawa. Untuk itu sebagai bentuk rasa syukur kita menggelar zikir bersama  memohon doa, mudah-mudahan Taman Kuliner Pandawa tambah maju, sukses dan berkah,” ujar Imam Taufik Novrianto didampingi Sekretaris Taman Kuliner Pandawa Imam Hermawan kepada wartawan.

Tak hanya memberikan santunan, pengelolah Taman Kuliner Pandawa juga mengajak puluhan anak yatim untuk makan dan buka bersama mencicipi jajan atau kuliner yang dijual pelaku UMKM di Taman Kuliner Pandawa.

“Kalau untuk santunan ini kita mengundang anak yatim dari Kampung sekitar Perumahan Persada Banten. Kurang lebih ada 25 anak yatim yang kita ajak makan-makan di sini (Taman Kuliner Pandawa)” katanya.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk rasa syukur kita berbagi bersama anak yatim sekaligus meminta doa mudah-mudahan Taman Kuliner bertambah berkah,” sambung Imam.

Imam menceritakan, Taman Kuliner Pandawa di Kota Serang sendiri sebelumnya merupakan lahan fasilitas umum (fasum) terbengkalai dan bekas semak belukar dan tidak terawat. Namun berkat inisiatif warga, Fasum tersebut akhirtnya disulap menjadi taman kuliner atau pusat jajan bagi masyarakat umum di Kota Serang.

Puluhan warga dan pengelolah Taman Kuliner Pandawa di Perumahan Persada Banten menggelar zikir dan doa bersama di Bulan Suci Ramadan dalam rangka merayakan milad ke-1 Taman Kuliner Pandawa, Minggu (10/4/2022). (FOTO: EEP SAFULLAH / EKBISBANTEN.COM)

“Karena banyak orang buang sampah dan puing di sini, makanya kita rawat dan manfaatkan menjadi Taman Kuliner Pandawa,” jelas Imam.

Imam beralasan, pendirian fasus perumahan menjadi Taman Kuline Pandawa ini untuk menghidupkan perekonomian warga.

“Pertama kali mendirikan Taman Kuliner Pandawa ini karena banyak warga yang istilahnya tidak punya pekerjaan, makanya kita berinisiatif untuk membangun UMKM yang ada di Persada Banten ini,” katanya.

Sementara itu Sekretaris Pengelolah Taman Kuliner Pandawa Imam Hermawan mengungkapkan, saat pertama kali berdiri Taman Kuliner Pandawa ditempati sembilan kios. Namun saat ini, taman kuliner yang diresmikian oleh Wakil Walikota Serang Subadri Ushulidin tersebut sudah ditempati 16 pelaku UMKM.

“Ini totalnya sekarang ada 16 kios dan semuanya warga Persada Banten,” katanya.

Untuk kunjungan warga sendiri  ke Taman Kuliner Pandawa tambah dia, setiap hair terus meningkat, khususnya terjadi di Bulan Suci Ramadan. Bahkan, perputaran rupiah di Taman Kuliner Pandawa mencapai di atas Rp5 juta per malam.

“Alhamdulillah selama Ramadan ini banyak sekali pengunjung yang dating ke sini. Yang sebelumnya buka hanya sampai jam 10.00 WIB sekarang sampai pukul 24.00 WIB malam masih ada yang datang. Jadi tambah rama,” pungkasnya.***