Race Pertama, Afridza Munandar Raih Podium ATC Motegi

103

Jakarta, Ekbisbanten.com – Afridza Munandar pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), berhasil meraih podium ke dua, setelah menuntaskan balapan pertama Asia Talent Cup (ATC) seri kelima di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, (19/10).

Hasil kualifikasi waktu sesi 1 dan 2 menempatkan Afridza harus start di posisi ke lima, sempat tercecer keposisi kedelapan namun dirinya mulai memperbaiki posisi dan catatan waktunya. Memasuki dua lap terakhir, Afridza dapat mengisi posisi tiga terdepan, Persaingan antar pebalap menggunakan Honda NSF250 semakin sengit, rapatnya jarak membuat aksi salip menyalip tak terhindarkan. Memasuki lap akhir, Afridza berusaha untuk fokus dan meraih podium, hingga dirinya menyentuh garis finish di posisi kedua.

“Saya bersyukur dapat mengamankan podium 2 hari ini. Hasil yang cukup baik bagi saya untuk menjaga jarak dengan pimpinan klasemen. Balapan yang tidak mudah karena di awal lap saya tercecer di belakang. Namun, saya berusaha untuk fokus dan tenang hingga akhirnya mampu finish di posisi 2. Di balapan kedua saya akan berusaha lebih keras lagi untuk meraih kemenangan di Jepang,” kata Afridza.

Sementara itu pebalap binaan AHM lainnya Herjun Atna Firdaus, yang start dari posisi ketiga sejak awal balapan terus berusaha untuk bersaing masuk ke rombongan depan, meski tertatih karena start yang kurang baik. Pemuda 15 tahun asal Pati, Jawa Tengah ini harus puas finish di posisi ketujuh.

“Sayang sekali saya belum mampu meraih podium di balapan 1 ini, start yang kurang baik membuat saya harus tercecer jauh ke belakang. Licinnya lintasan juga menjadi tantangan tersendiri bagi saya dimana hampir 3 kali terjatuh karena genangan air. Usaha keras saya di sepanjang balapan ini berbuah posisi 7 di titik finish, pada balapan kedua, saya akan tetap berusaha maksimal untuk bisa kembali meraih podium, mohon doa dan dukungannya,” ujarnya.

Pebalap binaan AHM lainnya Adenanta Putra, yang start dari posisi 15 harus rela melepaskan poin pada balapan kali ini, karena dirinya mengalami high side pada tikungan pertama di lap pertama. Pemuda asal Magetan ini pun tidak bisa menyelesaikan jalannya balapan. Kemudian Abdul Mutaqim dan Hildan Kusuma dapat menyelesaikan balapan meskipun harus puas finish di posisi 11 dan 14. (Raden)