PWRI Tak Harapkan Dana Hibah Dari Pemkot Serang

42
Ketua PWRI Kota Serang, Akhman Sarjito

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Serang tidak mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Hal itu dikarenakan tanpa adanya bantuan dari Pemkot Serang dalam kurun waktu satu tahun terakhir PWRI Kota Serang tetap dapat melaksanakan kegiatan secara mandiri.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PWRI Kota Serang, Akhman Sarjito usai peresmian gedung PWRI Kota Serang di Jalan Maulana Hasanuddin, Kelurahan Kota Baru, Kamis (23/7).

“Kita belum dapat sepeserpun dari dana hibah, kita hanya mandiri saja, Kita tidak terlalu berharap dengan hibah, jadi tanpa hibah kita tetap jalan,” katanya.

Kendatipun demikian pihaknya sudah mengajukan dana hibah ke Pemkot Serang meskipun belum mendapatkan balasan dari Pemkot Serang.

Namun terkait dana yang diajukan terhadap Wali Kota Serang, Sarjito enggan menyebutkan berapa jumlah yang diajukan. Ia juga menegaskan tanpa dana hibah dari Pemkot Serang program PWRI Kota Serang akan tetap berjalan dan yang paling utama kesejahteraan anggota PWRI Kota Serang.

“Yang jelas sebesar-besarnya, tapi nanti dikasihnya tergantung dari pemkot dapatnya berapa. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa dapat dana hibah,” ujarnya.

Sarjito juga mengatakan bahwa masyarakat Kota Serang memiliki banyak peluang, hanya saja potensi tersebut tidak semua muncul ke permukaan. Oleh karena itu pihaknya memiliki program bersama dengan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) untuk melakukan pemberdayaan masyarakat di Kota Serang,

“Sebab potensi di Kota Serang luar biasa dan peluangnya pun banyak, namun potensinya belum muncul. Maka kami akan mencoba memunculkan potensi pemberdayaannya, dan untuk itu kami bekerjasama dengan HIPPI,” ucapnya.

Ia juga mengatakan hingga saat ini anggota PWRI yang sudah terdaftar mencapai 900 anggota sementara anggota yang belum terdapat sudah mencapai angka ribuan.

“Prediksinya itu ada sekitar 3.000 lebih, tapi yang baru terdaftar itu 900 anggota by name by addres (data kesesuaian nama dan alamat). Kami juga nanti ke depan akan membuat koperasi PWRI bagi anggota,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Serang, Syafrudin mengaku siap memberikan dana pembinaan untuk PWRI Kota Serang. Hal itu dikarenakan anggota PWRI Kota Serang merupakan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Serang yang jumlah terus bertambah setiap tahunnya serta kegiatan yang ada di PWRI Kota Serang untuk kepentingan masyarakat.

“Tentunya Pemkot Serang juga akan mendukung. Apalagi adanya bantuan sosial dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa anggota PWRI Kota Serang yang beranggotakan pensiunan PNS Kota Serang tentunya sudah memiliki pemikiran yang sudah matang. Oleh karena itu ia membutuhkan pemikiran anggota PWRI Kota Serang untuk kemajuan masyarakat Kota Serang.

“Oleh karena itu kami membutuhkan ide cemerlang dari mereka (anggota PWRI) untuk masyarakat Kota Serang. Kemudian, ikut mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, sekaligus mengkritisi apabila ada kekurangan pada pemerintahan kami,” tuturnya. (Yohana)