Punya Cita-cita Berkurban di Idul Adha Tapi Minim Biaya? Yuk Ikuti Program Tabakur di Villa Ternak Cikerai

9
Hewan kurban yang dijual di Villa Ternak Cikerai tampak bersih dan sehat serta terbebas dari wabah PMK. (Foto: Dokumen Villa Ternak Cikerai untuk Ekbisbanten.com)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Villa Ternak Cikerai yang berlokasi di Jalan Pasir Angin, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber menyediakan program Tabungan Kurban (Tabakur). Program itu diklaim sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin berkurban dengan menabung setiap bulan dengan setoran bebas.

“Tabakur itu biasanya untuk anak-anak muda atau ibu-ibu yang rajin mau nabung itu gapapa punya 100 ribu, Rp200 ribu itu bisa ditabungin ke kita. Per bulan ataupun per minggu bebas, terserah dia punya uangnya kapan,” kata Admin Keuangan dan Umum Villa Ternak Cikerai, Faizah kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

Faizah menyampaikan, masyarakat yang ingin membeli hewan kurban melalui program Tabakur dapat mendaftar sejak satu bulan pasca Idul Adha. Membeli hewan kurban melalui program Tabakur pun memiliki sejumlah keunggulan.

“Biasanya pemilihan hewan kurban itu tiga bulan sebelum Idul Adha. Nanti yang ikut Tabakur itu kita telpon dulu untuk memilih hewan terlebih dahulu, setelah dia milih dan meng-keep domba atau sapinya, Tabakur itu kita jadikan DP untuk akadnya saja kalau domba atau sapi ini punya konsumen,” ujarnya.

Hewan kurban yang dijual di Villa Ternak Cikerai tampak bersih dan sehat serta terbebas dari wabah PMK. (Foto: Dokumen Villa Ternak Cikerai untuk Ekbisbanten.com)

“Keuntungan lainnya dia bisa dibilang dapat harga bagus 1 grade dari harga brosur. Contoh milih domba yang awalnya harga Rp3 juta, nah 3 bulan sebelum Idul Adha kan milih, abis itu pas dilihat mendekati Idul Adha itu dombanya bisa di ukuran Rp4 juta atau Rp4,5 juta itu karena ada proses penggemukan itu dan harganya tidak berubah,” tambahnya.

Meski tidak ada patokan setoran setiap bulannya, kata Faizah, bagi yang telah mendaftarkan diri mengikuti program Tabakur mempunyai kewajiban untuk melunasi satu minggu sebelum pengiriman hewan qurban.

“Pelunasannya satu minggu sebelum pengiriman. Kalau belum lunas gak jadi dikirim, duitnya dibalikin. Kalau Tabakur itu uangnya aman, kalau gak jadi juga uangnya dibalikin full,” ucapnya.

Saat ini tercatat yang telah mengikuti program Tabakur di Villa Ternak Cikerai sekitar 50 orang. Jumlah itu mengalami penurunan dibandingkan pada 2021 lalu yang berjumlah 70 orang.

“Perbandingannya tahun ini dan tahun kemarin ada penurunan. Sebabnya kayanya tadi faktor ekonomi karena orang-orang lagi recovery pasca pandemi, terus digabung dengan PMK yang membuat orang-orang konsen sama PMK,” kata Faizah.

Sebagai informasi, seluruh hewan kurban yang tersedia di Villa Ternak Cikerai dipastikan bebas dari wabah PMK. Sementara untuk harga hewan kurban jenis sapi berkisar Rp19-80 juta dan domba berkisar Rp2,5-8 juta.*