PT Wilmar Bantah Monopoli Penggilingan Gabah di Banten

Rice Head Business PT WPI Sarinto Soebagio usai audiensi di Distan Provinsi Banten, Senin (4/9/2023). Foto: Budiman/Ekbisbanten.com

SERANG, EKBISBANTEN.COM – PT Wilmar Padi Indonesia (WPI) membantah telah memonopoli penggilingan gabah yang ada di Provinsi Banten. Bantahan itu keluar usai adanya dugaan monopoli dan desakan dari komunitas penggilingan padi Banten untuk menutup PT PWI. 

Hal itu diungkapkan oleh Rice Head Business PT WPI  Sarinto Soebagio. Bahkan ia balik mempertanyakan kepada pihak yang menuding bahwa PT PWI melakukan monopoli. 

“Kami tidak memonopoli gabah, karena kami punya data berapa kami terima, berapa produksi (padi hasil gilingan) Banten,” tegasnya usia audiensi di Dinas Pertanian Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (4/9/2023). 

Berdasarkan data yang ia paparkan, PT WPI hanya menyerap 2-3 persen gabah yang ada di Provinsi Banten. Tentu nilai kecil itu, katanya, tak mungkin bisa dikatakan memonopoli gabah. Bahkan, untuk bulan Agustus 2023 kemarin, PT WPI tak berproduksi sama sekali. 

Lebih jauh, Sarinto mengaku heran pada pihak yang menuding PT WPI mampu mengendalikan harga gabah di Provinsi Banten. Ia beralasan bahwa produksi bulan kemarin saja perusahaan tersebut tak berproduksi serta serapan gabah yang kecil. 

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Scroll to Top