PT ASDP Akan Hapus Aturan Tes PCR dan Antigen bagi Penumpang yang Sudah Vaksin Kedua dan Ketiga

24
General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak Hasan Lessy. Foto/maul/ekbisbantem.com

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, akan menghapuskan kebijakan tes PCR atau antigen sebagai syarat untuk menyeberang ke Sumatera bagi penumpang yang sudah melakukan vaksin dosis kedua dan ketiga.

Diketahui, keputusan itu menyusul setelah adanya Surat Edaran Satuan Tugas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut akan berlaku setelah selesai berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, diperkirakan beberapa hari ke depan.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak Hasan Lessy mengaku mendukung langkah pemerintah yang mengeluarkan kebijakan baru perihal aturan perjalanan orang.

“Dalam hal ini kan di situ surat edaran bahwa yang masih vaksin satu kali berarti masih wajib untuk menggunakan PCR atau Antigen. Nah yang sudah vaksin dua kali maupun sudah vaksin tiga kali atau booster berarti tidak perlu lagi menggunakan PCR Antigen. ASDP mendukung programa pemerintah ,” katanya kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Selasa (8/3/2022).

Untuk pelaksanaannya, pihak ASDP mengaku masih harus melakukan koordinasi dengan pihak BPTD selaku pengawas, pengendali dan pengatur di pelabuhan.

“Berarti kita harus siap koordinasi dengan instansi terkait yang ada. Dalam hal ini kan BPTD sebagai pengawasan dan pengendali pengatur di pelabuhan Penyeberangan perlu berkoordinasi supaya ini bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Meski begitu, dikatakan Hasan, aturan baru terkait penyeberangan di Pelabuhan Merak tersebut bisa diberlakukan setelah koordinasi dengan semua pihak.

“Hari ini masih jalan aturan sebelumnya. Ya mudah-mudahan hari ini juga kami bisa koordinasikan supaya bisa menentukan pelaksanaannya,” ucapnya.***