Prodi PIAUD STIT Al-Khairiyah Citangkil Kunjungi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

297

YOGYAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Khairiyah Citangkil Cilegon belum lama ini melakukan kunjungan studi atau study visit ke Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta mulai dari tanggal 8 Februari hingga 11 Februari 2020.

“Program ini dalam rangka menambah pengetahuan dan mengembangkan wawasan mahasiswa dalam dunia pendidikan serta peningkatan profil lulusan, terutama dalam program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),” ujar Kepala Progtam Studi (Kaprodi) PIAUD STIT Al-Khairiyah Citangkil Cilegon, Sholatul Hayati.

Kunjungan selama empat hari ini diukuti sebanyak 38 orang mahasiswa, dengan rincian 15 mahasiswa dari semester enam dan 23 mahasiswa semester empat, serta lima dosen dosen pendamping.

Kelima dosen tersebut yakni, Kaprodi PIAUD, Sholatul Hayati, Sekretaris Kaprodi PIAUD, Humaidi, Ketua LPPM STIT Al-Khairiyah, Bahyati, Nadhrotul Uyun selaku bendahara dan Taufiq selaku dosen Program Studi rodi PIAUD.

Kunjungan rombongan Prodi STIT Al-Khairiyah Citangkil Cilegon ini disambut Sekretaris PIAUD UIN Sunan Kalijaga Sigit Purnomo dan Kaprodi PIAUD UIN Sunan Kalijaga Hj. Erni Munastiwi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan di Prodi PIAUD. Kegiatan ini bisa dikatakan kegiatan lapangan prodi tetapi non SKS. Hanya saja kegiatan ini juga bertujuan mengajarkan mahasiswa untuk membuat laporan kegiatan kunjungan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kaprodi PIAUD, STIT Al-Khairiyah Citangkil Cilegon, Humaidi mengungkapkan, kegiatan studi visit ini merupakan kegiatan kunjungan pertama kalinya yang dilakukan lembaganya ke UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

“Selama kegiatan visit to Jogja. Adapun tujuan utama rombongan adalah ke TPA Budi Mulya yang sekarang berganti nama menjadi TK Mutiara Insan Cendekia setelah itu, rombongan menuju ke kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di Prodi PIAUD. Selama di kampus, rombongan juga di ajak keliling kampus, terutama di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ( FITK ) kemudian masuk ke laboratorium prodi piaud, serta mendengarkan sambutan kaprodi dan mengikuti workshop baby massage teraphy,” kata Humaidy.

Ia menambahkan, selain mengunjungi kampus UIN Sunan Kalijaga, mahasiswa juga diajak ke beberapa tempat wisata antara lain, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ijo serta Candi Banyu Nibo tidak ketinggalan rombongan mahasiswa juga keliling Malio Boro dan berkunjung ke Museum Dirgantara.

“Adapun hasil dari studi visit ini bagi mahasiswa adalah dapat menambah pengetahuan mahasiswa mengenai program pembelajaran di TK Budi Mukya atau TK Mutiara Insan Cendekia, TK ini merupakan peraih juara 1 lomba angklung tingkat Provinsi Yogyakarta. Selanjutnya hasil kunjungan tersebut lebih jelasnya akan di buat sebuah laporan kunjungan oleh mahasiswa,” katanya.

Humaidi melanjutkan, manfaat hasil dari kunjungan ini bagi mahasiswa PIAUD STIT dapat mengetahui program kegiatan yang di laksanakan Prodi PIAUD UIN Yogyakarta dan mengetahui sarana atau fasilitas apa saja yang dimiliki oleh prodi PIAUD UIN Yogyakarta.

“Adapun hasil kunjungan ini bagi kampus adalah menghasilkan kerja sama antara Prodi PIAUD STIT AL KHAIRIYAH CILEGON dan prodi piaud uin sunan kali jogo Yogyakarta. Dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian,

“Harapan pihak kampus agar kegiatan kunjungan ini rutin dilaksanakan 1 tahun sekali di tempat tujuan visit yang berbeda. Mudah-mudahan kegiatan ini rutin di adakan. Untuk selanjutnya bisa ke UIN Bandung atau Prodi PIAUD UIN Jakarta,” pungkasnya. (raden)