Selasa, 28 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Prabowo Resmikan 15 Titik Bantuan Sumber Air Bersih di Jabar dan Banten

Hancrico Asaputra

| 21 November 2023

| 17:57 WIB

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan bantuan sumber air bersih di Desa Pamubulan, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (19/11). (Foto: Instagram @kemhanri)

JAKARTA, EKBISBANTEN.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan 15 titik bantuan sumber air bersih di enam wilayah di Jawa Barat dan Banten. Peresmian tersebut dipusatkan di Desa Pamubulan, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (19/11).

Aksi calon presiden nomor urut 2 tersebut mendapat apresiasi karena sukses menghadirkan program air bersih di sejumlah daerah. Program tersebut juga dinilai konkret dalam membantu rakyat kecil di berbagai wilayah di Indonesia yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

“Itu menunjukkan bahwa program Pak Prabowo atau apa yang dilakukan Pak Prabowo itu lebih banyak menjangkau atau memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan air bersih karena kan di masa-masa sekarang ini persoalan air bersih itu menjadi salah satu persoalan yang bisa dikatakan langka,” kata Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara dalam keterangannya, Selasa (21/11).

BACA: Hendropriyono Prediksi Prabowo-Gibran Bakal Menang Pilpres 2024

Dikatakan Igor, sumur bor dan ketersediaan air bersih jadi kebutuhan strategis dan penting serta dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam pemenuhan akses air bersih bagi rakyat kecil. Hal itu dinilai lebih menjangkau banyak masyarakat dibandingkan dengan hanya membagi-bagikan sembako.

“Kalau air bersih itu kan mudahnya begini, orang itu akan lebih cepat meninggal kalau dia kekurangan air daripada kekurangan makan. Itu sudah rumusnya biologi, sudah rumusnya kesehatan jadi dibutuhkan banyak cairan di dalam tubuh manusia daripada makanan,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Igor, Prabowo memang bergerak aktif membantu permasalahan air bersih. Menteri pertahanan itu telah meresmikan bantuan proyek sumur bor di sejumlah daerah yang sering mengalami kekeringan yaitu di Pulau Moa, Sumbawa, NTB, dan Kabupaten Gunungkidul.

Sejauh ini, Satgas Air Unhan RI yang dibentuk dan menerima tugas dari Prabowo akan segera menyelesaikan 132 titik proyek air bersih, diantaranya 88 titik air yang sudah keluar dan 44 titik sedang dalam proses pengerjaan.

“Langkah Prabowo tersebut semata-mata agar dapat memperbaiki kualitas gizi, air bersih, dan sanitasi masyarakat. Dengan begitu kualitas kehidupan masyarakat Indonesia menjadi meningkat dari sebelumnya,” ujar Igor

Selain menginisiasi program air bersih, Prabowo dinilai mampu menguatkan pertahanan negara. “Prabowo sukses melakukan peremajaan alutsista TNI seperti pembelian 24 Jet Tempur F-15EX,” ungkapnya

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top