PPKM Darurat, Volume Sampah di Kota Serang Meningkat 20 Ton

12
Ilustrasi sampah menumpuk. (Foto: Net)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan, dengan diberlakukannya PPKM Darurat, volume sampah di Kota Serang meningkat hingga 20 ton per hari.

“Jumlah sampah kenaikannya kalau biasa kita bisa mengangkut 400 ton per hari, sekarang kenaikannya sekitar 10 – 20 ton yang kami bisa angkut,” kata Ipiyanto saat ditemui wartawan di Kantor DLH Kota Serang, Kamis (22/7).

Peningkatan volume sampah ini kata dia khususnya terjadi di kawasan perumahan-perumahan padat penduduk.

“Yang semula sampah itu bertumpuk di mal-mal dan restoran sekarang bertumpuk di perumahan-perumahan, karena msyarakat banyak memesan makan secara cara online,” katanya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini menjelaskan, selain terjadi di komplek perumahan, volume sampah ditempat pembungan sampah liar pun ikut meningkat. Namun demikian, volume kenaikannya tidak signifikan.

“Jadi dengan adanya kebijakan PPKM dan lockdown ini (volume sampah) di tempat pembungan sampah liar bertambah dari 4 kubik menjadi 6-7 kubik per hari.Yang biasanya selesai satu kali angkut sekarang menjadi dua kali agkut,” pungkasnya. (ismet)