Ponpes Shofful Islam Pontang Gratiskan Biaya Mondok Sampai Lulus Kuliah

52
Salah satu santri yang sedang melaksanakan ujian di Ponpes Shofful Islam. (Foto Istimewa)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pondok Pesantren (Ponpes) Shofful Islam yang berlokasi di Kampung Setu, Desa Suka Jaya Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, menggratiskan biaya mondok dan sekolah dari tingkat Penddidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga lulus kuliah.

Pimpinan Ponpes Shofful Islam Agus Karnadi mengatakan, tujuannya untuk memberikan bantuan bagi warga kurang mampu dalm mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

“Semua gratis, baik kebutuhan makan, seragam, dan tempat tinggal digratiskan. Karena melihat kondisi masyarakat disini yang minim pendidikan dan ekonomi yang rendah saya coba mulai niat membangun pendidikan gratis,” kata Agus kepada Ekbisbanten.com, Selasa (8/9).

Ponpes yang berdiri dilahan seluas 1.100 meter persegi ini, mendidik para santri dengan berbagai metode mulai dari mengaji, tahfidz Al-Quran, hingga pendidikan formal.

Ia mengatakan, saat ini ada 60 santri yang menempa ilmu di pondok. Mayoritas santri berasal dari masyarakat eks mualaf Baduy.

“Sudah 13 tahun berdiri, kami juga mendidik para santri supaya mandiri lewat pendidikan wirausaha, seperti bertani, beternak dan usaha lainya,” katanya Agus.

Masih kata Agus juga, beberapa fasilitas pendidikan yang disediakanbagi santinya mulai dari aula, kamar untuk santri putra dan puteri serta lahan untuk santri belajar berwirausaha.

“Selain itu, ada beberapa kegiaatan ekstra kulikuler juga seperti memanah, silat, marawis, qori, dan lain sebagainya,” katanya.

Ia mengaku, untuk pendaan pesantren dan santrinya berasal dari dana miliknya dan donasi umat muslim yang peduli pada dunia pendidikan Islam.

“Saya selalu berdoa semoga ada rizki dari allah melalui hamba-hamba yang soleh untuk bersedekah. Besok hari Rabu (8/9) kita akan menggelar milad ke-13 dan akan melakukan santunan untuk 250 anak yatim,” pungkasnya. (Raden)