Pondok Pesantren Yashi Kabupaten Serang, Akui Manfaat LAZ Bamuis Bank BNI

25
Dok. Istimewa

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pondok pesantren (Ponpes) Yashi yang berlokasi di Desa Sukajaya, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, merasakan manfaat program bantuan pemberdayaan ekonomi dari LAZ Baitulmal Ummat Islam Bank Negara Indonesia (LAZ Bamuis Bank BNI).

Piminan Pondok Pesantren Yashi Agus Karnadi mengatakan, semenjak ada program LAZ Bamuis, banyak sekali keuntungan dan manfaat yang bisa diambil oleh pesantren, baik untuk memenuhi kebutuhan pesantren maupun pendidikan bagi para santri.

“Alhamdulillah hampir 50 hari pemberdayaan ekonomi Pesantren Yashi yang dimotori oleh LAZ Bamuis Bank BNI memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan Pesantren Yashi,” kata Agus Jumat (11/3).

Menurut Agus, sejak berjalannya program tersebut, kebutuhan makan untuk lauk pauk dan sayuran kecuali beras ditopang dari hasil keuntungan warung yang besarnya antara Rp150 hingga Rp200 ribu perhari.

“Selain itu, dengan adanya warungan yang dikelola santri mampu memberikan pengajaran dan pendidikan dalam mengelolah administrasi warung dari sisi market, manajemen,” kata Agus.

Tidak hanya itu, manfaat yang bisa dirasakan oleh pasa santri diantaranya bisa mengembangkan kreatifitas dan produktifiras serta inovasi santri dalam mengembangkan usaha kuliner.

“Saat ini santri telah mampu membuat frice chiken, Roti berbagai rasa, pizza, kue pukis, serabi solo, sempol mie dan kentang, kue dadar gulung dan lain lain, serta semuanya telah menjadi ajang usaha santri,” imbuh Agus.

Agus juga mengapresiasi program bantuan tersebut, dan berharap bisa berlanjut hingga pondok pesantren bisa terus meningkatkan kemandirian.

“Atas nama pimpinan pesantren, kami sangat banyak mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar LAZ Bamuis Bank BNI atas bantuan modal yang diberikan, serta motivasinya. Mudah mudahan ini semuanya dapat berkembang dengan baik dan benar. alhamdulillah sejak adanya peningkatan kemampuan ada salah satu santri yg tahun ini lulus ingin mengembangkan usaha kulinernya untuk menunjang biaya kuliahnya, mudah mudahan harapan ini terwujud, amiin yaa rabbal alamiin,” tutup Agus.

Sebagai informasi, Ponpes Yashi merupakan salah satu pesantren yang mengusung konsep modern dan memadukan kurikulum pesantren dan nasional dari tingkat MTs dan SMK TKJ. Pesantren Modern Yashi juga membebaskan seluruh pembiayaan kepada santri santrinya, baik dari biaya asrama, biaya pendidikan maupun biaya makan, dan bebas biaya ini diperuntukkan bagi semua kalangan tanpa syarat kecuali niat kesungguhan untuk dididik dan diajar. ***