Polusi Udara Ancaman Serius Bagi Kesehatan, Dinkes Banten Imbau Masyarakat Waspada

Muhamad Yuswan

| 23 Agustus 2023

| 10:06 WIB

Ilustrasi polusi Udara ancaman serius bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

EKBISBABTEN.COM – Polusi udara atau kualitas udara buruk yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia termasuk Provinsi Banten, menjadi ancaman nyata bagi kesehatan masyarakat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mencatat, kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) tersebar di 8 kabupaten dan kota di Banten, dan saat ini kasusnya menjadi yang tertinggi dari penyakit menular lain.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan, saat ini ada banyak warga Banten yang mengalami infeksi saluran pernafasan.

BACA: Cegah Polusi Udara, Pemkot Tangerang Adakan CFD Sebulan Dua Kali, Berikut 13 Titik Lokasinya

Kasus tersebut sudah ditangani, baik yang oleh rumah sakit pemerintah, rumah sakit swasta, puskesmas ataupun fasilitas kesehatan (faskes) lainnya.

“Dampak daripada el nino dan kualitas udara yang buruk ini menyebabkan mudahnya terkena penyakit infeksi saluran pernafasan atau ISPA. Kita tahu bahwa ISPA merupakan penyakit yang mudah menular melalui udara, karena basisnya adalah virus dan bakteri,” ujar Ati.

Selain ISPA, ada beberapa penyakit respirasi yang disebabkan polusi udara karena polutan yang merusak paru-paru. Di antaranya PPOK, Pneumonia, Brankopenumonia, kanker paru, dan ASMA.

BACA : Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Polda Banten Gelar Turnamen dan Berbagai Perlombaan

Kemudian juga penyakit jantung. Ini terjadi akibat penumpukan plak pada pembuluh darah jantung akibat polutan berbahaya.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top