Jumat, 19 Juli 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Sekda Kabupaten Serang Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Pelayanan

Esih Yuliasari

| 1 Juni 2024

| 12:00 WIB

Sekda Kabupaten Serang saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. (FOTO: DOK. DISKOMINFOSATIK KABUPATEN SERANG)..

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara Hari Lahir Pancasila 2024 di Halaman Pendopo Bupati pada Sabtu, (1/6/2024).

Mengenakan pakaian jas hitam dipadu dengan kemeja putih dan dasi merah, sekda langsung memimpin upacara yang dimulai sekitar 07.30 WIB.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 yang bertemakan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045”, Sekda Nanang membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Yudian Wahyudi.

Sekda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan pada momen upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 tentunya membawa pesan agar selalu untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila.

Bukan hanya hanya di hapal saja, akan tetapi juga di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus menjaga toleransi, karena keberagaman kita sangat luar biasa Indonesian itu dan harus kita pertahankan sebaik-baiknya,” katanya.

Di sisi lain, di tengah-tengah saat ini dinamisasi perkembangan teknologi yang sedemikian pesat yang harus terus bisa bijaksana mempergunakan itu. Sehingga teknologi bisa terus maju terutama teknologi informasi.

“Akan tetapi kebangsaan kita tetap bisa direkatkan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI,” katanya.

Di samping itu juga, Nanang berpesan khusus terhadap para ASN untuk selalu kompak dengan meningkatkan peran serta pembangunan sebagaimana juga dalam 5 sila yang selalu di ingat, di hafalkan, dan tentunya harus di amalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan bekerja dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang.

“Ini yang penting sekali bahwa ASN adalah pelayan masyarakat yang harus melayani seluruh kepentingan masyarakat Kabupaten Serang, itu yang wajib di tekankan dan di tingkatkan dengan baik dengan semangat Pancasila,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Serang, Epi Priatna mengatakan bahwa intinya setiap tahun wajib memperingati hari lahir Pancasila dalam bentuk upacara.

Oleh karenanya pancasila sebagai dasar negara betul-betul harus di jalankan setiap sila- silanya dan ini juga sebagai dasar negara sebagai pemersatu NKRI.

“Jadi alhamdulillah di negara kita yang majemuk terdiri dari ribuan pulau, bahasa. suku, tapi alhamdulillah karena memang di antaranya pancasila sebagai dasar negara kita bisa menjaga persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.*

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Terpopuler_______

Scroll to Top