Sabtu, 18 Mei 2024
Search
Close this search box.
Search
Close this search box.

Pesantren Ibnu Syam Kota Cilegon Miliki 500 Santri dari Sabang hingga Merauke

Rizal Fauzi

| 6 Agustus 2023

| 13:09 WIB

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian hadir bersama ulama dan masyarakat di Tasyakuran Milad ke-5 Ponpes Ibun Syam. (FOTO: DISKOMINFO PEMKOT CILEGON)

EKBISBANTEN.COM, CILEGON –  Pondok Pesantern (Ponpes) Ibun Syam merayakan Tasyakuran Milad ke-5 dengan meriah Jumat 4 Agustus 2023 lalu. Meski baru seumur jagung Popnpes yang berada di Lingkungan Tegal Bunder Kecamatan Purwakarta Kota Cilegon tersebut sudah berhasil melahirkan 85 penghapal alquran.

Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Syam, KH Ahmad Slamet Ibnu Syam menjelaskan bahwa bahwa sejak pendiriannya pada tahun 2018, Pesantren Ibnu Syam telah tumbuh pesat. Awalnya pesantren tersebut beroperasi dari bangunan rumah yang merupakan peninggalan orang tuanya dengan 8 santri dan 1 guru.

“Seiring berjalannya waktu, kini jumlah santrinya telah bertambah menjadi 500 orang yang didukungan 60 guru dan 100 staf,” kata KH Ahmad. 

KH Ahmad Slamet menjelaskan, santri-santri tersebut datang dari berbagai daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Aceh, dan juga Kota Cilegon sebagai daerah berdirinya Pesantren Ibnu Syam. Dalam kurun waktu 5 tahun, Pesantren Ibnu Syam telah menghasilkan tahfidz-hafidz, dan hafidzah sebanyak 85 orang dengan rata-rata setiap tahunnya terdapat 20 orang yang berhasil menjadi hafidz dan hafidzah.

 “Salah satu santri dari Pesantren Ibnu Syam ini telah dipilih menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Seminar Al-Quran Internasional di Malaysia. Kami berharap keberhasilan tersebut dapat memberikan dukungan dan semangat bagi pesantren untuk terus meningkatkan fasilitas dan kualitas di masa yang akan datang,” ujarnya.

KH Ahmad mengaku, Pesantren Ibnu Syam akan terus berkomitmen dalam membimbing santri agar bisa menguasai dan menghafal Al-Quran, sehingga para santri Ibnu syam bisa menjadi ahli Al-Quran seusai dengan visi dari pesantren. “Mudah – mudahan visi kami tersebut bisa di ridhoi oleh Allah SWT,” katanya.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian yang hadir dalam perayaan tersebut berharap agar Pondok Pesantren (Ponpes) Ibnu Syam dapat menjadi lembaga pendidikan Al-Quran terdepan di Indonesia. Hal itu disampaikan Helldy saat memenuhi undangan Tasyakuran Milad ke-5 Pesantren Ibnu Syam yang berlokasi di Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Jumat 4 Agustus 2023 malam. 

Editor :Rizal Fauzi

Bagikan Artikel

Scroll to Top