Pesantren Assa’adah Serang Juara Kompetisi Robotic Internasional

180
Pameran robotic pondok pesantren Assa'adah di acara Festival Pesantren 2020 yang mengikuti kompetisi robitic internasional di Malaysia. (raden/ekbisbanten.com)

SERANG, EKBISBANTEN.COM – Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Assa’adah yang terletak di Jalan Raya Serang – Pamarayan kilo meter (KM) 5, Cidahu, Serang berhasil meraih juara kedelapan pada pameran robotic IIUM Robotic Competition (IRC) di Malaysia September tahun 2019 lalu.

Pembina Ekskul Robotic Ponpes Assa’adah, Rifqi Maulidi mengungkapkan, pihaknya bersyukur karena Ponpes Ass’adah berhasil menempati peringkat kedelapan dalam kompetisi robot internasinal sejajar dengan Korea dan China.

“Alhamdulillah dua kali kami mengikuti kompetisi di Malaysia, santri Assa’adah menorehkan prestasi gemilang pada ajang tersebut, selain itu kami juga pernah mengikuti kompetisi tingkat nasional di Jakarta dan Surabaya, dan selalu masuk kedalam 10 terbaik,” ungkap Rifqi kepada Ekbisbanten.com pada acara Festival Pesantren 2020 di Masjid Ast – Tsauroh, Kota Serang, Minggu (23/2).

Ia menjelaskan, robot yang berhasil tembus dalam kompetisi ini diantaranya, robot yang bisa memainkan alat musik Hadroh, serta robot berbentuk Kalajengking dan Unta.

“Sementara di Banten sendiri masih sedikit Pesantren  yang mendalami ekstrakurikuler dunia robotic, padahal minat dari para santri cukup tinggi, hal ini juga sejalan dengan kemajuam zaman yang cepat,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, banyak lagi pihak yang mendalami dunia robitic ini memberikan arahan dan bimbingan untuk meningkatkan kualitas santri khusunya dalam bidang robotic.

“Karena masih belum dikenal oleh masyarakat luas, kami berupaya untuk mengikuti pelbagai kompetisi robotic. Semoga dengan prestasi yang kami capai dapat menjadi icon yang bisa dikembangkan oleh pemerintah atau lembaga terkait,” tutup Rifqi. (raden)