Perusahaan Tak Laporkan Loker, Siap-Siap Diberi Sanksi Disnaker Cilegon

10
Foto: (Ilustrasi/Net)

CILEGON,EKBISBANTEN.COM – Untuk menekan angka pengangguran, Disnaker Kota Cilegon saat ini telah menyiapkan berbagai strategi. Salah satunya memberikan sanksi lepada perusahaan yang tidak melaporkan dibukanya lowongan pekerjaan.

Kasi Penempatan Kerja Dalam Negeri pada Disnaker Kota Cilegon, Wawan Gunawan membenarkan bahwa saat ini pihaknya menyiapkan sanksi administratif kepada perusahaan yang tidak memberikan laporan lowongan pekerjaan kepada pihaknya. Hal itu dilakukan untuk memberikan akses informasi kepada masyarakat Kota Cilegon yang saat ini sedang mencari informasi lowongan pekerjaan.

“Perusahaan tersebut, kalau ada lowongan pekerjaan, sekalipun hanya ada satu orang harus lapor ke Disnaker dulu, kalau tidak lapor akan kita tegur dan beri sanksi sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Banten Nomor 9 Tahun 2018 tentang tata cara penyampaian lowongan dan penempatan tenaga kerja.” kata Wawan, Rabu (4/8).

Pemberian sanksi kepada perusahaan yang tidak melapor, lanjut Wawan, merupakan salah satu langkah yang disiapkan pihaknya untuk menekan angka pengangguran. Untuk langkah-langkah lainnya pihaknya saat mengadakan penyelenggaran bursa kerja, pelatihan melalui Balai Latihan Kerja (BLK).

Dengan adanya data laporan lowongan kerja tersebut, diharapkan Wawan bisa membantu angkatan kerja dalam mendapatkan pekerjaan. “Guna memudahkan pencari kerja, Disnaker Kota Cilegon memanfaatkan jejaring media sosial seperti Facebook dan Intagram @disnakercilegon, dalam mempublis bursa lowongan kerja maupun pendaftaran kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja,” ucapnya.

Sementara, untuk meningkatngkatkan kompetensi warga Cilegon dan perusahaan dapat merekrut serta menempatkan tenaga kerja sesuai keahliannya, Wawan mengatakan Disnaker Kota Cilegon menginisiasi program penyuluhan bimbingan yang di helat di tingkat sekolah.

“Kita kenalkan ke anak anak sekolah, kita jelaskan tentang dunia kerja. Biar anak-anak itu tau, bisa mempersiapkan diri. Sehingga, ketika kuliah misalkan, dia akan mengambil jurusan yang bisa menunjang pekerjaan yang ingin dicapai,” Tutupnya. (Ocit)