Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Mengalami Kontraksi, Kecuali Pulau Sulawesi dan Papua

25
Foto Pulau Sulawesi

EKBISBANTEN.COM – Pertumbuhan ekonomi di semua pulau terkontraksi, kecuali Pulau Sulawesi dan Papua.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik BPS, pertumbuhan ekonomi hampir di semua pulau pada tahun 2020 mengalami kontraksi, kecuali Pulau Sulawesi dan Papua-Maluku.

Melansir Daily Economic and Marketing Rivew Bank Mandiri, Pulau Papua-Maluku dengan proporsi PDRB 2,4 persen dari PDB Nasional tumbuh paling tinggi, yaitu sebesar 1,44 persen, Sulawesi (proporsi 6,6 persen) tumbuh 0,23 persen.
 
Menurut data pertumbuhan ekonomi provinsi, hanya tiga provinsi mengalami pertumbuhan ekonomi positif, yaitu Provinsi Papua yang tumbuh 2,32 perseb, Sulawesi Tengah (4,86 persen), dan Maluku Utara (4,92 persen).

Provinsi-provinsi yang mengalami pertumbuhan positif walaupun ada pandemi Covid-19, didorong oleh aktivitas pertambangan dan pengolahan barang tambang, yaitu tembaga di Papua dan nikel di Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.
 
Office of Chief Economist Bank Mandiri memperkirakan wilayah yang berbasis komoditas akan meningkat pada 2021.

Kenaikan harga komoditas seperti CPO, karet, batu bara dan minyak mentah akan membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah berbasis komoditas seperti, Sumatera dan Kalimantan.

Katalis positif lain pada 2021 adalah program stimulus pemerintah yang berjumlah Rp 619 tn (vs Rp 695tn 2020).

Pihaknya memperkirakan pertumbuhan ekonomi secara nasional akan tumbuh 4,4 persen pada 2021. (*/Raden)