Pertamina Sabet 57 Penghargaan Nusantara CSR Award 2020

55

EKBISBANTEN.COM – Pertamina dan 13 (tiga belas) Unit Operasi dan Anak Perusahaan berhasil menyabet 57 Penghargaan dari seluruh kategori pada Nusantara CSR Awards 2020.

Pertamina juga berhasil menyabet penghargaan tertinggi, Best of The Best Nusantara CSR Awards 2019 oleh PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang dan Best of Nusantara CSR Awards 2020 oleh PT Pertamina EP, PT Pertamina (Persero) MOR I dan PT Pertamina (Persero) MOR V.

Acara penganugerahan dilaksanakan di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta dan diikuti oleh pimpinan Unit Operasi dan Anak Perusahaan secara online melalui platform Zoom Meeting, Kamis (22/10).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan komitmen dan kontribusi Pertamina dalam memberdayakan masyarakat dan lingkungan, pelaku UMKM serta penanganan Covid-19 secara konsisten dan berkelanjutan merupakan faktor utama Pertamina Group berhasil meraih penghargaan bergengsi ini. 

“Seluruh unit operasi dan anak usaha Pertamina terus berupaya melakukan inovasi berkelanjutan dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan sesuai dengan standar ISO 26000 sehingga memberikan dampak positif dalam memajukan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals),” ujar Fajriyah. 

Fajriyah menambahkan, sebagai BUMN, Pertamina senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan menggerakkan ekonomi masyarakat melalui berbagai Program CSR dan Program Kemitraan & Bina Lingkungan.

“Mitra binaan Pertamina terkenal di seluruh Indonesia sejalan dengan bisnis operasional Pertamina yang menjangkau hingga ke pelosok negeri, termasuk wilayah 3T (terdepan, terluar dan lepas),” imbuh Fajriyah.
 
Nusantara CSR Awards 2020 merupakan penghargaan yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, termasuk program tanggung jawab sosial lingkungan yang dijalankan untuk penanganan dampak Covid-19. 

Tahun ini penyelenggaraan ke-11 dengan 11 kategori, yaitu:

Peningkatan Mutu Pendidikan

Pemberdayaan Ekonomi Komunitas

Peningkatan Mutu Kesehatan

Pengembangan Desa Wisata

Pelibatan Komunitas dalam gedung Sampah

Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

Program Integrasi untuk Dampak Luas 

Pemimpin Penginspirasi Praktek CSR 

Bantuan Kesehatan dan Ekonomi untuk Penanganan Darurat Covid-19 

Perencanaan Program Pemulihan Ekonomi Komunitas 

Perencanaan Program Adopsi Desa atau Kampung Wisata 

Salah satu program CSR unggulan yang dijalankan yaitu Geothermal Potato, program ini merupakan pengembangan alat sterilisasi media tanam kentang dengan uap panas bumi. Program ini adalah menciptakan nilai bersama (CSV) PT Pertamina Geothermal Area Kamojang yang mendukung tujuan SDGs energi bersih dan terjangkau dan berhenti kelaparan.

Selain itu, ada program Pejabat (Pusat Ekonomi Jambangan Hebat) Peduli Ge’blak (Gerakan Balik Kanan), yang memberdayakan masyarakat untuk menata kawasan bantaran sungai sehingga lebih asri dan indah. Melalui program ini juga, Marketing Operation Region V Integrated Terminal Surabaya merangkul UMKM di sekitarnya sehingga Kampung Pejabat menjadi salah satu lokasi kunjungan wisata ekonomi kreatif di Surabaya untuk mencapai target SDGs kota dan komunitas yang berkelanjutan.

Sebelumnya, The La Tofi School of CSR telah menetapkan 2 (dua) kategori untuk mendapatkan Penghargaan Praktek Terbaik Nusantara CSR Awards 2020 sebagai inspirasi keikutsertaan, yaitu kategori Bantuan Kesehatan dan Ekonomi untuk Penanganan Darurat Covid-19 dan kategori Pemimpin Penginspirasi Praktek CSR yang diberikan kepada VP CSR & Manajemen SMEPP, Arya Dwi Paramita. (*/Raden)