Persiapkan Warga Binaan dapat Bermanfaat di Masyarakat, Lapas Kelas IIA Cilegon Berikan Pelatihan Sablon Kaos

, and

| 11 Juli 2023

| 10:51 WIB

Lapas Kelas IIA Cilegon
Salah satu warga binaan Lapas Kelas IIA Cilegon didampingi petugas tengah mengerjakan sablon manual. (Foto: Istimewa)

CILEGON, EKBISBANTEN.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cilegon memfasilitasi para warga binaan dengan pelatihan kreasi desain (printing) baju atau kaos.

Pelatihan tersebut bertujuan sebagai wadah untuk pemberdayaan dan penyaluran minat dan bakat para warga binaan di Lapas Kelas IIA Cilegon selama menjalani masa hukuman, yang kemudian dapat bermanfaat saat mereka sudah kembali lagi ke masyarakat.

Kaos yang diproduksi melalui pelatihan kreasi desain printing berlogo merek “Giatja Lagoon Inovatif & Creativity”. Mereka terlihat antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja (Kasi. Giatja) Lapas Cilegon, Aditya Jatari menjelaskan bahwa sejak dua pekan terakhir, para warga binaannya selalu memanfaatkan pelatihan desain printing itu dengan mencoba membuat berbagai desain.

“Printing baju kaos merupakan salah satu produk inovasi dari Giatja Lapas Cilegon. Para warga binaan kami sudah memproduksi berbagai desain, salah satunya karakter tokoh pewayangan Arjuna ini yang namanya juga digunakan menjadi salah satu nama gedung hunian bagi para warga binaan,” jelasnya, Selasa (11/7/2023).

Aditya mengungkapkan bahwa hasil dari pelatihan tersebut, kaos-kaos kemudian dijual dengan harga jual relatif dan variatif tergantung komposisi warna dan dan tingkat kerumitannya.

“Jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang sejenis, kaos Giatja Lagoon ini masih bisa bersaing karena dijual dengan harga yang ramah di kantong, yaitu antara Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per kaosnya,” ungkapnya.

Tak hanya digital printing, kata Aditya, para warga binaan di Lapas Cilegon juga diajari untuk mempelajari teknik sablon manual plastisol. Sablon ini juga menjadi teknik sablon unggulan di Lapas Cilegon. Sablon Plastisol diketahui memiliki hasil yang lebih awet, kuat dan tidak mudah mengelupas atau cepat menghilang.

Editor :Rizal Fauzi

Tags

Bagikan Artikel

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Scroll to Top