Persiapan Vihara Avalokitesvara Banten Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek 2023

52
Tampak salah seorang jemaat tengah bersiap untuk beribadat di Vihara Avalokitesvara Banten. (FOTO: ESIH/EKBISBANTEN.COM).

KOTA SERANG, EKBISBANTEN.COM – Lima hari lagi, warga Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Berbagai persiapan jelang Imlek di Kota Serang pun terpantau dilakukan.

Seperti halnya di Vihara Avalokitesvara Banten, yang berlokasi di Jalan Tubagus Raya Banten atau Kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Di sana, tampak warga Tionghoa dan pengurus Vihara sedang berdoa, mempersiapkan rumah ibadah hingga melakukan bersih-bersih menuju Imlek.

Saat ditemui Ekbisbanten.com, Asaji Manggala Putra yang merupakan Humas Vihara Avalokitesvara Banten mengatakan tradisi bersih-bersih biasanya memang dilakukan menjelang perayaan Imlek.

Di mana hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa kenyamanan bagi para jemaat saat melakukan peribadatan nanti.

“Kami biasanya memang melakukan persiapan bersih-bersih di tempat ini sejak H-7 sebelum Imlek. Ini dilakukan tentunya agar para umat bisa beribadah dengan nyaman nanti,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, persiapan lainnya yang dilakukan adalah pemasangan pernak-pernik hingga penyiapan lilin raksasa.

“Semuanya bisa dilihat sudah selesai ya persiapannya, tinggal hari pelaksanaan saja,” tambah Asaji.

Asaji menuturkan nantinya H-1 Imlek, para jemaat juga diberikan kesempatan untuk melakukan peribadatan, dalam menyongsong sesuatu yang baru di tahun baru china tersebut.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan biasanya para jemaat yang berasal dari berbagai wilayah di Banten akan ramai mendatangi Vihara untuk beribadah pada malam hari menjelang Imlek.

“Kami juga membuka kesempatan bagi para umat yang ingin berdoa, dalam menyongsong tahun baru China ini. Harapannya semoga cahaya kebaikan selalu mengiringi kita,” pungkasnya.***